HeadlineMetro Fakfak

Debit Air Menurun, Dinas PUPR Fakfak Bangun Bendungan di Airbes

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kesulitan mendapat air bersih akibat musim kemarau hampir sebulan ini juga dirasakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR2KP) Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos. M.Ap.

Adanya kesulitan itu, Pria asal Ternate Maluku Utara ini mencari solusi dan mendapatkanya setelah melakukan survei ke Air Besar (Airbes) Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

“Kami sudah melakukan survei ke Air besar dan kelihatannya debit air sangat menurun skali,”ujar SD sapaan akrabnya ditemui Papua barat Pos diruang kerjanya, Sabtu (30/11) siang kemarin.

Solusi yang akan dilakukannya adalah membuat atau membangun bendungan untuk menampung air bersih yang akan mengalir melalui pipa Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Langkah utama yang harus kita dilakukan adalah bagaimana membuat bendungan karena air yang mengalir masuk ke pipa PDAM itu sudah sangat kecil,”kata SD.

Menurut dia, jika langkah itu dilakukan, maka air yang akan ditampung itu bisa masuk ke pipa PDAM, yang selanjutnya ke Bak Penampung kemudian disalurkan ke masyarakat.

“Karena debit air sangat kecil, maka kita buat bendungan. Ibaratnya seperti air sedikit, tapi kita kumpul dia dulu baru kemudian kita tampung ke suatu tempat selanjutnya di suplai, dan perlu ketahui bahwa, kita koordinasi dengan PDAM untuk kami lakukan pembanguan bendungan mendahului, karena sifanya urjen,”jelasnya. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close