HeadlineMetro Fakfak

12 Peserta UKW PWI Fakfak Lulus, Prof. Rajab Ritonga Titip Pesan Jaga Marwah Wartawan

FAKFAK, kabarfakfak.com. Sebanyak 12 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-V Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat dinyatakan lulus 100 persen.

UKW yang dilaksanakan dari 13 hingga 14 Desember 2019 dibuka oleh Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si di Hotel Grand Papua Fakfak, Jumat (14/12/2019) dibagi dalam 3 kelas, yakni kelas Muda 5 orang, kelas Madya 5 Orang dan kelas Utama 2 Orang.

Kelas Muda diuji oleh Suwardi Thahir, Kelas Madya, Muhammad Iqbal Irsyad, dan kelas Utama diuji oleh Prof. Dr. Rajab Ritonga Direktur UKW PWI Pusat, dibantu Administrasi, Yudhi Warman.

Selain itu, dua orang dari PWI Papua Barat mengikuti magang penguji yakni, Bustam Ketua PWI Papua Barat, dan Key Tokan Abdul Aziz Ketua Dewan Kehormatan PWI Papua Barat.

Enrico Letsoin (kiri), Key Tokan Abdul Aziz (kiri), Suwardi Thahir (kiri tengah), Prof. Rajab Ritonga (tengah kanan), Muhammad Iqbal Irsyad (tengah kanan) Bustam (kanan)/foto monces.

Adapun 12 peserta yang mengikuti UKW yakni, Kelas Muda, Nicodemus Aflaubun (RRI Fakfak), Januardi (RRI Fakfak), Irfam Boiratan (Kumparan), Yosias Markus Wambrau (papuakini.co), dan Risfandi Tangke (Radar Nusantara).

Untuk tingkat Madya, Rustam Rettob (mataradar.com), Surahaman (Inews tv). Wahyu Hidayat (Sorongraya.co) , Yohanis Rahawarin (TVRI), dan Frederik Lamawuran (Media Papua) dan untuk tingkat Utama, Salmon Teriraun (Papua barat Post), dan Yohanis Dasantos Ebang (Khabar Triton).

“Dari 12 peserta yang mengikuti UKW Angkatan ke-V PWI Kabupaten Fakfak semuanya lulus 100 persen,”ujar Muhammad Iqbal Irsyad membacakan hasil UKW.

Menurut, Igbal Irsyad, dengan lulusnya 12 peserta UKW di Fakfak maka kini jumlah keseluruhan wartawan yang telah kompeten di seluruh Indonesia dan teregistrasi di Dewan Perss sebanyak  11.710.000.

Tim Penguji di bagian depan (duduk), Pesera Madya (berdiri)/foto monces.

“Dengan lulusnya 12 peserta UKW di Fakfak maka jumlah wartawan yang sudah bersertifikat kompeten seluruh Indonesia sebanyak 11.710.000,”tegas Igbal Irsyad.

Direktur UKW Prof. Dr. Rajab Ritonga mewakili Ketua Umum PWI Pusat, yang menutup kegiatan tersebut mengatakan, hasil UKW yang berlangsung di Fakfak selama 2 hari dengan penilaian objektif 12 peserta UKW dinyatakan lulus.

“Kami tim penguji yang datang dari Jakarta, dab Makassar, karena hasil Uji Kompetensi Wartawan di Fakfak selama 2 hari semua lulus 100 persen,”tandas Rajab Ritonga.

Menurutnya, selama melaksanakan UKW di seluruh Indonesia ada juga yang tidak kompeten (lulus), misalnya di Jakarta dan Surabaya tidak lulus.

“Selama uji kompetensi wartawan misalnya di Jakarta, dan Surabaya ada yang tidak lulus, tapi di Fakfak lulus 100 persen, memang luar biasa,”ujarnya.

Tim penguji di bagian depan (duduk), peserta UKW di belakang (berdiri)/foto monces.

Dikatakannya Rajab, adanya 12 wartawan dinyatakan lulus dan berkompeten ini harus menjaga marwah kewartawanan dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan wartawan journalisme kita.

“Kalau bukan kita yang menghargai marwah journalisme kita siapa lagi,”kata Rajab Ritinga.

Rajab Ritonga juga berharap agar yang sudah lulus uji kompeten wartawan agar terus belajar untuk meningkatkan pengetahuannya, baik itu pengetahuan umum, pengetahuan khusus  maupun pengetahuan journalisnya.

Sementara Bupati Fakfak saat membuka resmi UKW mengatakan, wartawan harus tetap mengepankan profesionalisme, berkompeten dan berintegritas dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

“Profesionalisme wartawan harus dilalui dengan proses uji kompetensi. Olehnya kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI ini sangat membantu para jurnalis dalam meningkatkan kinerjanya,” tegasnya.

Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si memberikan sambutan pada pembukaan UKW Angkatan ke-V PWI Kabupaten Fakfak/foto monces.

Bupati Usmawas juga berharap agar dengan semakin berkompetennya para jurnalis, juga dapat membantu pemerintah mendorong keutuhan dan kedaulatan NKRI. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close