HeadlineMetro Fakfak

Bahlil Lahadalia : Bandara Yacob Patipi Masuk Kebijakan Program Nasional

FAKFAK, kabarfakfak.com – Begitu tiba di Bandara Torea Fakfak tumpangi pesawat ATR-72 Wings Air, Sabtu (21/12/2019) pagi, Kepala Badan Koodinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia, SE. M.Si disambut Bupati Fakfak didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda).

Selanjutnya, Bahlil Lahadalia didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos. M.AP, Dandim 1803/Fakfak, Kapolsek Fakfak dan romongan meninjau pembangunan bandara baru yang diberinama Yacob Patipi di Kampung Siaboru Kabupaten Fakfak.

Bahlil mengatakan, untuk pembangunan bandara bersumber dari APBN 2020 untuk pembangunan runway bandara, dan APBD Kabupaten Fakfak digunakan utk pembangunan areal parkir pesawat.

“Sebelum saya ke Fakfak, saya diskusi dengan menteri perhubungan dan pak menteri mengatakan 3 tahun bandara sudah clear, dan diketahui bandara Siboru masuk dalam program nasional kepemimpinan Presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin,”ujar Bahlil seperti dilansir mataradar.com.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan mengatakan, tahun 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak menyerahkan sertifikat lahan Bandara tersebut kepada Pemerintah Pusat, jika pemerintah sudah menyerahkan hibah tanah tersebut, maka proses lelang untuk pembangunan sisi darat bandara bisa dilaksanakan.

“Kemungkinan besar proyek pembangunan bandara ini akan dibuat dalam sistim multiyears. Sementara pembangunan areal parkir pesawat dan terminal saat ini sudah mencapai 80 persen yang didanai oleh APBD Kabupaten Fakfak,”kata Samaun Dahlan.

Sedangkan konsentrasi pekerjaan saat ini pembangunan bandara siboru adalah galian dan timbunan yang kemudian diratakan maka progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close