HeadlineHukum & Kriminal

Polres Fakfak Tangkap Penyelundupan 4 Ton Miras

Suasana barang bukti Miras jenis sopi yang dimuat satu unit loangboad berwarna biru dari Bula Seram BagiannTinur Maluku ditangkap Satuan Narkoba dan Satuan Polair Polres Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Satuan Narkoba dan Satuan Polair Polres Fakfak Polda Papua Barat berhasil.menangkap satu unit motor loangboat berwarna biru dengan muatan Minuman Keras (Miras) Jenis Sopi sebanyak 4.110 liter atau 4 ton lebih, Rabu (7/1/2019) malam.

Miras jenis sopi yang dimasukan dalam 137 jerigen ukuran 35 liter yang setiap jerigennya berisi 30 liter itu dimuat menggunakan loangboat dari Bula Seram Bagian Timur Provinsi Maluku ke Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

Kapolres Fakfak melalui Kasat Narkoba Iptu Slamet Eko R, SH mengatakan, penangkapan miras jenis sopi itu merupakan kerjasama Sat Narkoba dan Sat Polair Polres Fakfak.

Dia menjelaskan, dalam penagkapan miras tersebut dibagi dua regu dipimpin langsung Kasat Narkoba Iptu Slamet Eko R, SH dan Kasat Polair Iptu Arief Usman Rumra, S.Sos.

Satu regu bertugas di lokasi penurunan di darat dan satu regu lagi bersiap di laut untuk mengantisipasi loangboat pemuat miras selundupan itu melarikan diri.

Eko mengatakan, sebelumnya Polisi melakukan pengintaian sejak 5 Januari 2020 lalu, yang mana loangboat tersebut diketahui penyelundup masuk di Fakfak dan sempat menurunkan beberap gen miras sopi di Kelurahan Danaweria namun ketika mengetahuui adanya aparat yang mengintai, longoat tersebut langsung melarikan diri dan dirangkap di perairan Fakfak tetaptnya di dekat pulau tubir Seram.

Saat ditangkap ditengah laut, motor loangboat yang membawa miras jenis sopi sebanyak 137 jerigen ukuran 35 liter yang hanya terisi 30 liter sopi dengan driver loang boath La Upa dan salah satu anak buahnya La Aba.

Selain itu, Polisi juga menangkap 30 jerigen miras yang berhasil diturunkan di salah satu pantai keluarahan Danaweria Distrik Fakfak Tengah.

“Dari hasil interogasi pelaku penyelundupan tersebut dikatahui untuk satu  gen berisikan 30 liter dijual di Fakfak seharga Rp.1.500.000,- sehingga bila dikalikan dengan 137 gen maka total Rp.205 juta rupiah,”ujar Eko.

Miras jenis Sopi yang diselundupkan dari Bula itu dibeli para pelaku penyelundup dengan harga Rp.150.000 per 5 liter dan saat ini miras tersebut diamankan di Sat Narkoba Polres Fakfak dan barang burkti berupa satu unit loang boat diamankan di Sat Polair Polres Fakfak.

4 Ton Miras yang diselundupkan dari Bula Seram Bagian Timur dikertahui bandarnya yang cukup terkenal di Fakfak yang sudah beberapa kali terlibat penyelundupan miras jenis Sopi, Bandar Miras beromset ratusan juta itu berinisial LM yang sudah sering kali terlibat dalam kasus penyelundupan miras dari Bula ke Fakfak.

“Pelaku kita jerat dengan tindak pidan ringan (Tipiring) sesuai Perda Kabupaten Fakfak nomor 2 tahun 2008, tentang larangan minuman keras,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close