HeadlinePolitik

Tanggi Irirwanas : Verifikasi Faktual Syarat Pasangan Balon Independen Berpotensi Sengketa

Koordinator Devisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si.

FAKFAK, kabarfakfak.comKoordinator Devisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si mengatakan, verifikasi faktual syarat pasangan bakal calon independen atau perseorangan berpotensi sengketa.

“Saya amati kemungkinan akan ada terjadi sengketa pada saat penetapan KPU terkait dengan calon perseorangan, karena banyak calon perseorangan, berpeluang kegandaan, saling mengklaim,”ujar Abdul Tanggi Irirwanas diruang kerjanya, Selasa (21/1/2020) sore.

Menurut dia, agar tidak terjadi sengketa, sebaiknya KPU dalam melaksanakan verifikasi faktual mendepankan aturan, dimana bila terjadi kegandaan KTP dukungan, maka kembali kepada pilihan konstituen atau orangnya disertai berita acara.

“Misalnya dukungan KTP dari satu orang, namun juga ditemukan pada bukti dukungan untuk calon lainnya atau digunakan untuk lebih dari satu calon, maka secara otomoatis dianggap tidak sah. Hal itu diatur dalam PKPU Nomor 18 tahun 2019 tentang pencalonan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,”jelasnya.

Untuk itu, sekali lagi dia meminta kepada KPU agar dalam melaksanakan verifikasi faktual persyaratan calon perseorangan mengedepankan aturan, sehingga tidak terjadi kesalahan yang berujung pada sengketa.

“Pada prinsipnya, kita Bawaslu melakukan pengawasan juga mengedepankan aturan untuk setiap tahapan pelaksanaan Pemilu salah satunya verifikasi faktual persyaratan calon perseorangan,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close