HeadlineKabar Utama

Bupati Fakfak Minta Dukungan Warga Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Suasana sambutan Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si pada acara sosialisasi Sensus Penduduk 2020/foto monces

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si mengajak seluruh  masyarakat dari Karas Pulau Tiga sampai Tomage Wamosan untuk bersama-sama mengawal dan memberi dukungan demi suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Hal itu disampaikan Bupati Uswanas dalam sambutannya pada Sosialiasi Penduduk 2020 di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Senin (27/1/2020).

Menurut Bupati, suksesnya Sensus Penduduk merupakan tanggunjawab seluruh elemen masyarakat termasuk TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

“Yang paling dibutuhkan adalah bagaimana kita semua mampu memenuhi capaian target pelaksanaan sensus penduduk, itu yang sangat dibutuhkan, tolong pak Dandim, pak Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama, juga pak Kajari dan semua Forkominda, wajib hukumnya bersama-sama bupati mensosialisasikan pelaksanaan sensus penduduk,”ujar Bupati.

Bupati mengatakan, semua pihak tidak boleh menganggap Sensus Penduduk menjadi tanggungjawab Badan Pusat Statistik (BPS) semata, tetapi tanggungjawab kebangsaan, menjadi tanggungjawab fungsi dan sistem penyelenggaraan pemerintahan.

“Oleh sebabnya maka diseluruh Indonesia mulai dari bapak Presiden, Wakil Presiden, turun sampai kepada Menteri, Gubernur dan semua pejabat eselonnya, kemudian Bupati, Walikota beserta semua pejabat eselonnya sampai ketingkat kampung harus siap mensuseskan Sensus Penduduk,”pintanya.

Menurut Bupati, Sensus Penduduk 2020 merupakan indikator dari prefektif pembangunan nasional oleh sebabnya selaku Pemerintah Daerah mengharapkan keterlibatan semua pihak dan produktif.

“Harus mampu secara sadar menyampaikan apa yang sesungguhnya, tidak bolah ngarang-ngarang data, tingkat akurasiannya betul-betul merujuk pada apa yang dilaksanakan,”pinta Bupati.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kistiono, S.ST, M.stat mengatakan, Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan dua tahap, dimana tahap pertama dilaksanakan secara onlneie pada 15 Februari-31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara pada 1 Juli-31 Juli 2020. Tahap kedua yaitu, pencacahan sample yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

“Dua tujuan utama sensus penduduk tahun 2020 ini, yang pertama adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut defacto dan de jure, yang kedua menyediakan paramter demograsi serta karekteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk,”ujarnya.

Menurutnya, Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan diseluruh Wilayah Indonesia, termasuk perwakilan Republik Indonesia yang ada di luar negeri, seluruh WNI dan WNA yang telah atau akan tinggal selama minimal 1 tahun di Indonesia akan didata.

“Saya berharap kepada Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak apabila membutuhan tenaga dari BPS, akan kami bantu untuk melakukan sensus penduduk secara online,”pintanya.

Kepada Kepala Distrik, Kepala Kampung diwilayah Kabupaten Fakfak, Kepala BPS berharap dukungan, sehingga pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Apabila petugas kami datangi rumah-rumah warga, layanilah mereka dengan baik, berikanlah data yang akurat, data yang pasti menuju Satu Data Indonesia,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close