Saturday , 1 February 2020
Home / Headline / Kejaksaan dan Polri Diminta Kawal Dana Kampung, Bupati Fakfak : Biar Perlu Bentuk Satgas Periksa Para Kepala Kampung

Kejaksaan dan Polri Diminta Kawal Dana Kampung, Bupati Fakfak : Biar Perlu Bentuk Satgas Periksa Para Kepala Kampung

Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si meminta Kejaksaan Negeri Fakfak dan Polri Resort Fakfak mengawal pelaksanaan Dana Desa atau Dana Kampung.

Bahkan Bupati minta bentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk periksa para kepala kampung yang diduga menyalagunaan dana kampung tidak sesuai peruntuhkannya.

Hal itu ditegaskan Bupati Mohammad Uswanas pada acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dan Sosialisasi Percepatan dan Penanggulangan Stunting (Anak Kerdil) di gedung Winder Tuare Kabupaten Fakfak, Senin (27/1/2020) pagi.

“Pak Kapolres, Pak Kajari kawal ini (dana kampung,red), kalau perlu bapak berdua bentuk satgas untuk turun periksa mereka (kepala kampung,red) satu-satu,”tegas Bupati.

Menurut Bupati, Kepolisian dan Kejaksaan mengawal dana kampung sangat jelas diatur dalam kesepakatan atau MoU Pemerintah, Jaksa Agung, dan Kapolri.

“Bapak berdua periksa saja, sudah keterlaluan kepala-kepala kampung pakai uang sembarangan, baru suruh bupati terlibat,”kata Bupati.

Bupati mengatakan, penggunaan dana kampung tidak bisa dibuktikan oleh kepala kampung dengan ukuran-ukuran percepatan pembangunan yang mereka bangun.

“Ini namanya kebijakan yang salah merugikan pemerintah, negara dan masyarakat di kampung. Orang kerja dengan uang pemerintah sesuai peruntuhkannya, bukan rai-rai, bisik-bisik dan sebagainya kemudian muncul program, terus timbul masalah diujung,”ujar Bupati. [monces]

Check Also

31 Januari, Areal Pasar Thumburuni Fakfak Dikosongkan

FAKFAK, kabarfakfak.com ­– Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos. M.Si …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *