HeadlineKabar Utama

Sekda Fakfak Membuka Pelatihan Jurnalistik Digelar AWI Dalam Rangka HPN ke-74

Sambutan Sekda Kabupaten Fakfak Drs. Ali Baham Temongmere, M.Tp pada pelatihan jurnalistik oleh AWI Kabupaten Fakfak/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 tahun 2020, Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kabupaten Fakfak menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, dari tanggal 1-2 Februari 2020 di Hotel Grand Papua Fakfak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp membuka pelatihan tersebut, yang diikuti selain wartawan, juga mahasiswa dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak.

Undangan dan Peserta Pelatihan Jurnalistik yang digelar AWI Kabupaten Fakfak/foto monces.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris DPRD Kabupaten Fakfak, Suryaiman Iribaram, SH,  Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.stat, Komandan Pos TNI-AL, mewakili Dandim 1803/Fakfak dan Kapolres.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Fakfak mengapresiasi pelatihan tersebut dengan berharap menambah pengetahuan bagi para wartawan, mahasiswa dan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari masing-masing OPD yang mengambil bagian dalam pelatihan ini.

Selain mewakili Bupati membuka pelatihan tersebut, mantan Kepala Bappeda Kabupaten Fakfak ini memberikan materi tentang “Peran Pers Terhadap Pembangunan Daerah Kabupaten Fakfak”

Sekda Kabupaten Fakfak Drs. Ali Baham Temongmere, M.Tp memberikan materi tentang Peran Pers Terhadap Pembangunan Daerah Kabupaten Fakfak/foto monces.

Sementara Ketua AWI Kabupaten Fakfak Wahyu Hidayat mengatakan, pelatihan jurnalistik sudah sering dilakukan oleh AWI di tahun-tahun sebelumnya kepada pelajar SMA di Kabupaten Fakfak.

“Namun kali ini agak berbeda, kita memberikan kesempatan kepada ade-ade atau rekan-rekan mahasiswa dari perwakilan kampus yang di Kabupaten Fakfak, juga perwakilan OPD,”kata Wahyu.

Kegiatan ini, lanjut Wahyu, bertujuan selain meningkatkan pengetahuan, juga publikasi ditingkat OPD melalui Press Release, sehingga menjadi hubungan yang harmonis, dan mempercepat akses informasih yang menjadi hak dasar bagi kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu, wartawan senior ini memperkenalkan background spanduk yang terbentang didepan acara tersebut bertulisan pelatihan jurnalistik, berwarna hitam putih.

“Sengaja kita bikin hitam putih, karena ini berkaitan dengan Hari Pers Nasional ke-74. Diusia yang ke-74 ini, kalau sebagai manusia sudah tua sebenarnya, tetapi langkah-langkah wartawan di Indonesia, terutama di daerah-daerah masih perlu bimbingan,”ujarnya.

Foto bersma undangan yang hadir para pelatihan jurnalistik yang digelar AWI Kabupaten Fakfak/foto monces.

Dikatakannya, ada hal yang lain lagi atau menarik dalam pelatihan jurnalistik kali ini, dimana untuk materi kali ini, AWI menghadirkan dua materi dari luar, yakni Materi Peran Pers Terhadap Pembangunan Daerah yang disampaikan Sekda.

“Bagaimanapun juga peran pers dalam pembangunan daerah sangat erat, dan materi yang berikut atau yang kedua yaitu mengenai Undang-Undang ITE (Informasih dan Transaksi Elektronik) yang disampaikan oleh Kapolres Fakfak melalui Kasat Reskrim,”ujarnya.

Selain materi tentang Peran Pers Terhadap Pembangunan Daerah Kabupaten Fakfak dan UU ITE, juga Materi tentang Teknik Penulisan Berita yang disampaikan Ketua AWI Wahyu Hidayat dan Materi tentang Teknik Wawancara oleh Ketua PWI Kabupaten Fakfak Enrico R. Letsoin, SH. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close