HeadlineKabar UtamaMetro Fakfak

Di Fakfak, Sensus Penduduk Online 2020 Dimulai Dari Bupati dan Sejumlah Tokoh Penting

Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si (tengah), Sekda Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp (kiri) dan Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat (kanan).

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak mulai melaksanakan Sensus Penduduk Online tahun 2020, Sabtu (15/2/2020).

Senusus Penduduk Online dimulai dari Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP.

Juga Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Fakfak Girin, SE, Plt Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Fakfak Aroby Hindom, S.Sos. M.Si.

Selain itu, juga Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman, A.Md, Wakapolres Fakfak Kompol Daniel Duma Sarampang, Komandan Pos TNI AL Fakfak Letda Laut Moh Hotip, Ketua Pengadilan Agama Fakfak Drs. Amar Hujantoro, M.H dan Kepala Dimas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Fakfak Samad Hindom, S.Sos. M.Si.

Suasana Sensus Penduduk tahun 2020 dimulai dari Bupati Fakfak dan sejumlah Tokoh Penting di Pendopo Rumah Negara Bupati Fakfak.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat beserta sejumlah jajarannya melakukan pendampingan pengisian Sensus Penduduk Online kepada Bupati dan sejumlah Tokoh Penting itu di Pendopo Rumah Negara Bupati Fakfak.

“Hari ini, merupakan hari pertama dibukanya Sensus Penduduk yang dilakukan secara online secara serentak di seluruh Indonesia,”ujar Kepala BPS Cahyo Kristiono membuka dengan resmi mulainya Sensus Pendudik tahun 2020 di Kabupaten Fakfak.

Dikatakannya, maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan pengisian Sensus Penduduk Online kepada Kepala Daerah/Bupati Fakfak beserta jajarannya beserta para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Fakfak.

“Ini menjadi simbol partisipasi pimpinan daerah Kabupaten Fakfak dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020, melalui Sensus Penduduk Online, sekaligus untuk memberikan dorongan kepada semua elemen masyarakat di Kabupaten Fakfak untuk bersama-sama berpartisipasi dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020.”kata Cahyo.

Suasana Sensus Penduduk tahun 2020 dimulai dari Bupati Fakfak dan sejumlah Tokoh Penting di Pendopo Rumah Negara Bupati Fakfak.

Dijelaskannya, Sensus Penduduk Online mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020 dengan cara mengunjungi laman: sensus.bps.go.id pada aplikasi browser yang ada di smartphone atau di komputer yang terkoneksi dengan internet.

“Dokumen yang perlu disiapkan dalam pengisian Sensus Penduduk Online adalah Kartu Keluarga (KK) dan buku/akta nikah bagi yang telah menikah,”ujar Cahyo.

Lanjut Cahyo, ada sekitar 21 rincian pertanyaan yang harus diisi dalam Sensus Penduduk Online ini, terdiri dari variabel individu (sebanyak 12 item pertanyaan).

“Variabel pekerjaan (3 item pertanyaan), variabel pendidikan (1 item pertanyaan) dan variabel perumahan (5 pertanyaan),”jelas Cahyo.

Suasana Sensus Penduduk tahun 2020 dimulai dari Bupati Fakfak dan sejumlah Tokoh Penting di Pendopo Rumah Negara Bupati Fakfak.

Usai melakukan pengisian Sensus Penduduk Online, Bupati Fakfak menyatakan pengisian Sensus Penduduk Online sangat mudah dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Fakfak yang berada di wilayah yang terjangkau signal internet untuk ikut berpartisipasi mencatatkan data kependudukannya melalui Sensus Penduduk Online.

Bupati juga menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Fakfak untuk membuat surat edaran kepada seluruh ASN di lingkup Kantor Bupati usai apel hari Senin tanggal 17 Februari 2020 untuk melakukan pengisian Sensus Penduduk Online dengan mempersiapkan Kartu Keluarga dan Buku/akta nikah masing-masing.

“Besok hari Senin seluruh jajaran BPS Kabupaten Fakfak ikut apel di Kantor Bupati Fakfak, karena setelah apel pagi seluruh ASN di lingkup Kantor Bupati harus mengisi Sensus Penduduk Online”kata Bupati Fakfak kepada Kepala BPS Kabupaten Fakfak.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak yang selama ini telah mendukung pelaksanaan kegiatan statistik, khususnya terkait Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Fakfak.

Susana foto bersama Bupati Fakfak, sejumlah tokoh.penting, Kepala BPS Kabupaten Fakfak bersama stafnya di Pendopo Rumah Negara Bupati Kabupaten Fakfak.

“Saya berharap peran serta seluruh masyarakat untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020, yang dilaksanakan sekali dalam sepuluh tahun,”ucapnya.

Bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses Sensus Penduduk Online, Kepala BPS berharap dapat berpartisipasi dengan menerima kedatangan petugas Sensus Penduduk yang akan berkunjung dari rumah ke rumah pada bulan Juli 2020. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close