HeadlineKabar UtamaMetro Fakfak

Setelah Apel Pagi, ASN Dilingkup Pemda Fakfak Ramai-Ramai Mengisi Sensus Penduduk Online

Suasana Pengisi Sensus Penduduk Online oleh ASN dilingkup Setda Kabupaten Fakfak didampingi oleh BPS Kabupaten Fakfak diruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Fakfak, Senin (17/2/2020)/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Dilingkungan Sekretariad Daerah (Setda) Kabupaten Fakfak ramai-ramai mengisi Sensus Penduduk Online di ruangan rapat lantai 3 Kantor Bupati Kabupaten Fakfak, Senin (17/2/2020) pagi.

Pengisian Sensus Penduduk Online dilakukan setelah Apel Pagi dipimpin Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammaf Uswanas, M.Si yang diikuti selain ASN, juga Pimpinan dan Staf Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak.

Pantauan media ini, beberapa pejabat dilingkungan Setda Kabupaten Fakfak diantaranya Asisten Bidang Perikonomiam dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos. M.Si mengisi Sensus Penduduk Online dipandu langsung pegawai BPS Kabupaten Fakfak.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat, yang memimpin langsung pengisian Sensus Penduduk Online itu mengharapkan ASN secara mandiri mengisi data Sensus Penduduk.

“Apabila membutuhkan pendampingan, kami BPS selalu siap dan hadir, tapi kalau bisa kami berharap teman-teman ASN bisa mandiiri dan ketika mengetahuinya bisa membantu teman yang lain untuk mengisinya,”pinta Cahyo.

Sementara Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu mengajak seluruh ASN agar berperan aktif serta mendaftarkan dirinya dalam Sensus Penduduk Tahun 2020.

“Sensus penduduk ini harus disambut baik oleh semua pihak, karena data yang falit melahirkan perencanaan pembangunan yang falit, penganggaran yang falit dan pelayanan kepada masyarakat juga pasti baik,”ujar Charles Kambu.

Diketahui bahwa, Sensus Penduduk Online berlangsung dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sementara Sensus Penduduk Wawancara dilakukan pada 1 hingga 31 Juli 2020 dan di tahap kedua dilakukan pencacahan sampel pada Juli 2021.

Sensus Penduduk online dilakukan dengan cara mengakses sensus.bps.go.id. Berikutnya, masyarakat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan klik ‘Cek Keberadaan’. Setelah membuat password dan masuk, Anda akan mulai mengisi sejumlah pertanyaan.

Terdapat 21 pertanyaan dasar seperti nama lengkap, alamat, pekerjaan, pendidikan, dan perumahan. Setelah menjawab pertanyaan terkait data keterangan individu dan perumahan, masyarakat dapat mengirimkan dan mencetak (unduh) bukti partisipasi dalam Sensus Penduduk Online.

Bagi masyarakat yang belum mengikuti Sensus Penduduk Online, akan didatangi petugas sensus yang melakukan Sensus Penduduk Wawancara pada Juli mendatang. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close