HeadlinePolitik

Simulasi, Pasangan HETA Resmi Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Kabupaten Fakfak

Suasana simulasi penyerahan syarat dukungan calon perseorangan.digelar KPU Kabupaten Fakfak/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak, Rabu (18/2/2020) menggelar simulasi terkait tata cara proses penyerahan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020.

Simulasi ini dilakukan di kantor KPU Kabupaten Fakfak dihadiri Ketua dan Anggota serta Seluruh Pegawai KPU Kabupaten Fakfak.

Dalam simulasi itu Herman Toharly dan Ita Kelian dua orang Pegawai KPU Kabupaten Fakfak berperan sebagai Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak dengan akronim (HETA).

Suasana simulasi, Herman Toharly dan Ita Kelian dua orang Pegawai KPU Fakfak berperan sebagai Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak dengan akronim (HETA) didampingi LO dan Tim Pendukungnya/foto monces.

Pasangan HETA ini datang bersama Tim Pemenangannya serta pendukungnya setelah tiba di Kantor KPU Kabupaten Fakfak disambut oleh Staf KPU Kabupaten Fakfak yang ditunjuk untuk mempersilahkan masuk ke dalam ruangan dimana tempat penyerahan syarat dukungan calon perseorangan.

Sebelum dipersilahkan duduk, terlebih dahulu mengisi buku tamu oleh Liaison officer (LO) bakal calon perseorangan.

Setelah itu Pasangan bakal calon bersama tim pemenangannya hanya berjumlah kurang lebih 7 orang duduk yang telah dipersiapkan KPU. Sementara pendukung bakal calon perseorangam berada pada tenda yang telah disipakan di halaman Kantor KPU.

Setelah duduk, LO atau Ketua Tim Pemenangan penyerahan syarat dukungan kepada Ketua KPU Kabupaten Fakfak, yang dilanjutkan dengan proses verifikasi administrasi syarat dukungan calon perseorangan hingga selesai KPU menyerahkan Berita Acara pengecekan jumlah dukungan dan sebaran (Berita acara model BA.1.KWK Perseorangan).

Hal itu dilakukan mengacu pada pedoman teknisĀ  nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020 Tentang Penyerahan Dukungan Dan Verifikasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Fakfak Hasanudin Rettob, S.Pdi mengatakan, simulasi ini dilakukan guna meminimalisir kesalahan saat proses penyerahan syarat dukungan nantinya berjalan lancar dan optimal.

“Dengan digelarnya simulasi ini membuktikan bahwa KPU Kabuapten Fakfak sudah sangat siap, dalam menerima para bakal calon, baik yang diusung perseorangan maupun partai politik nantinya,”ujarnya.

Dikatakannya, KPU mulai menerima dokumen dukungan calon perseorangan mulai 19-22 Februari 2020 pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00, khusus di tanggal 23 Februari dibuka hingga pukul 24.00 WIT Untuk syaratnya yakni memasukan minimal 5.179 dukungan KTP. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close