HeadlineMetro Fakfak

Sukseskan Sensus Penduduk 2020, BPS Fakfak Akan Menggelar Rakorcam

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kistiono, SST, M.Stat saat memberikan sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020, yang dilaksanakan secara online 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 maupun Sensus Penduduk secara wawancara Juli 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kelurahan/Kampung, di tingkat Kecamatan/Distrik (Rakorcam).

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kistiono, SST, M.Stat mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada minggu ke tiga Februari hingga Maret 2020, di tiap-tiap distrik, dengan peserta rakorcam adalah Kepala Distrik dan para Lurah/Kepala Kampung di wilayah distrik tersebut.

“Kami sudah menyampaikan rencana kegiatan ini kepada Bapak Bupati di Pendopo Rumah Negara, pada saat launching sekaligus pendampingan pengisian Sensus Penduduk Online di Kabupaten Fakfak pada tanggal 15 Februari 2020 yang lalu,”ujar Cahyo sapaan akrabnya via WhatsApp, Selasa (18/2/2020) siang.

Dia juga mengatakan, pihaknya (BPS,red) telah melakukan koordinasi dengan sejumlah Kepala Distrik dan sebagian besar telah menyepakati jadwal dan tempat pelaksanaan kegiatan di masing-masing distrik.

Menurutnya, Rakorcam Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan di masing-masing distrik ini bertujuan untuk membangun koordinasi dan kerja sama dengan seluruh jajaran pemerintahan wilayah administrasi terkecil (kelurahan/kampung), untuk menyebarluaskan informasi tentang Sensus Penduduk 2020.

“Memobilisasi himbauan kepada warga untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, serta bekerjasama dalam Sensus Penduduk Wawancara,”kata Cahyo.

Pada kegiatan Rakorcam Sensus Penduduk 2020 ini, lanjut Cahyo, pihaknya akan menurunkan beberapa pegawai organik BPS Kabupaten Fakfak ke masing-masing distrik untuk memberikan materi terkait penjelasan tentang Sensus Penduduk, tujuan dan manfaatnya, bagaimana mekanisme pelaksanaannya.

“Juga bagaimana peranan Lurah/Kepala Kampung dalam Sensus Penduduk 2020 ini. Ada sekitar 10 distrik yang siap untuk melaksanakan Rakorcam ini pada bulan Februari ini, selebihnya akan dilaksanakan pada bulan Maret,”ujar Cahyo.

Untuk distrik-distrik yang terjangkau internet, sambung Cahyo, pada pelaksanaan Rakorcam nanti, pihaknya juga akan melakukan pendampingan kepada Kepala Distrik beserta para Lurah/Kepala Kampungnya untuk mengisi Sensus Penduduk Online.

“Dengan demikian mereka akan memahami bagaimana cara mengisi Sensus Penduduk Online sehingga bisa memberikan informasi ini kepada warganya.”jelas Cahyo.

Ditamabahkannya, Sensus Penduduk 2020 merupakan sensus ke-7 yang dilaksanakan di Indonesia yang bertujuan untuk mendapatkan data mengenai jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk di suatu wilayah menuju satu data kependudukan Indonesia. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close