HeadlineMetro Fakfak

Di Fakfak, Kepala BPS Provinsi Papua Barat Hadiri Pembukaan Rakorcam SP 2020

Suasana foto bersama Kepala BPS Provinsi Papua Barat Maritje Pattiwaellapia, SE, M.Si didampingi Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat dan peserta Rakorcam SP 2020.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Rapat Koordinasi Kelurahan/Kampung, di tingkat Kecamatan/Distrik (Rakorcam) terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, dilaksanakan di 17 Distrik di wilayah Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

Di Distrik Pariwari Kabupaten Fakfak, Pembukaan Rakorcam dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat Maritje Pattiwaellapia, SE, M.Si didampingi Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat.

Kepala Distrik Pariwari, Abdurrahman Rumakat, S.Sos, M.Si membuka secara resmi Rakorcam di Aula Kantor Distrik Pariwari, dihadiri seluruh Lurah dan Kepala Kampung di lingkup Distrik Pariwari.

Dalam sambutannya, Kepala Distrik Pariwari mengatakan, pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan masyarakat, terutama aparat pemerintah wilayah administrasi terkecil, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada para Lurah dan Kepala Kampung di Distrik Pariwari untuk memberi dukungan dalam kegiatan SP2020,”tegasnya.

Menurut dia, nasib kelurahan dan kampung ditentukan oleh seluruh Lurah dan Kepala Kampung melalui Sensus Penduduk 2020 ini.

“Data diperlukan untuk pembangunan, oleh sebab itu BPS harus membuat strategi agar tidak ada penduduk yang terlewat cacah,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, SST, M.Stat mengatakan, kehadiran Kepala BPS Provinsi Papua Barat melakukan supervisi penyelenggaraan kegiatan Rakorcam SP2020.

“Selain itu, memastikan bahwa seluruh kegiatan Rakorcam SP 2020 di beberapa distrik yang akan kami kunjungi di Kabupaten Fakfak berjalan dengan baik,”ujarnya.

Dijelaskannya, Rakorcam ini telah dilaksanakan di 17 Distrik di Wilayah Kabupaten Fakfak, yang bertujuan membangun koordinasi dan kerja sama dengan seluruh jajaran pemerintahan wilayah administrasi terkecil (kelurahan/kampung), menyebarluaskan informasi tentang Sensus Penduduk 2020.

“Jadi dalam kegiatan Rakorcam ini, kami BPS bentuk Panitia, sekaligus Pemateri yang berasal dari pegawai organik BPS. Nah, tujuan dari Rakorcam ini adalah membangun koordinasi dan kerjasama dengan seluruh pemerintahan wilayah terkecil seperti keluahan dan kampung, untuk menyabarluaskan informasih tentang sensus penduduk 2020, dan juga memobilisasi himbauan kepada warga untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, serta bekerjasama dalam Sensus Penduduk Wawancara,”jelas Cahyo.

Kepala BPS Provinsi Papua Barat Maritje Pattiwaellapia, SE, M.Si dalam arahannya mengatakan, perkembangan teknologi sudah sangat pesat, sehingga Sensus Penduduk sekarang sudah bisa dilakukan secara mandiri atau online.

“Saya berharap tidak ada yang lewat cacah. Database dalam Sensus Penduduk Online mengacu pada kondisi database Ditjen Adminduk pada bulan Juni 2019,”kata Itje sapaan akrabnya.

Jika, lanjut Itje, ada warga yang belum ada dalam database, nantinya tetap akan dikunjungi oleh petugas sensus melalui Sensus Penduduk Wawancara pada bulan Juli nanti.

“Rakorcam ini hanya dilakukan sekali saja di tiap-tiap distrik, kalau ada event-event di lingkungannya, mohon untuk bisa menyuarakan tentang Sensus Penduduk ini kepada warganya, jangan ada warga yang tidak tahu tentang Sensus Penduduk ini,”pinta Itje.

Setelah pembukaan Rakorcam di Distrik Pariwari, Kepala BPS Provinsi Papua Barat dan Kepala BPS Kabupaten Fakfak melakukan kunjungan ke Distrik Fakfak, Distrik Fakfak Tengah dan Distrik Fakfak Timur Tengah.

Kunjungan ke tiga Distrik itu, selain menghadiri pembukaan sekaligus memberikan semangat kepada Panitia dan Peserta Rakorcam guna mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Rakorcam di Distrik Fakfak dibuka secara resmi oleh Kepala Distrik Fakfak Kerry W. Nafizah, S.STP, M.Si, sedangkan Rakorcam di Distrik Fakfak Tengah dibuka oleh Plh.Kepala Distrik Fakfak Tengah Abdurasyid Wajo.

Sementara Rakorcam di Distrik Fakfak Timur Tengah dibuka secara resmi oleh Kepala Distrik Fakfak Timur Tengah Barnabas Bahamba, S.Sos.

Di tiga Distrik itu, seluruh peserta Rakorcam sangat antusias dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Diketahui bahwa Rakorcam tersebut dilaksanakan minggu ke tiga Februari dan akan berakhir Maret 2020. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close