HeadlinePojok Fakfak

Distrik Furwagi Kabupaten Fakfak Mendukung SP 2020

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kepala Distrik Furwagi Kabupaten Fakfak Saleh Atamimi, S.Sos mengatakan, pemerintah distrik Furwagi bersama masyarakat mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020.

Demikian disampaikan Kepala Distrik Furwagi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi tingkat Kecamatan/Distrik (Rakorcam) terkait pelaksanaan SP 2020 di ruang Serba Guna Petuanan Rumbati di Kampung Rumbati Distrik Furwagi, Senin (24/2/2020).

Memurut dia, Pemerinta Distrik Furwagi bersama masyarakat mendukung SP 2020 menindaklanjutu instruksi Bupati Kabupaten Fakfak mendukung sensus tersebut.

“Dengan adanya intruksi bapak Bupati untuk mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini, maka saya sudah sampaikan kepada semua Kepala Kampung sebagai pelaksana di lapangan untuk memberitahukan ke warganya dan membantu kelancaran pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, menyiapkan identitas diri yang nantinya akan diperlukan petugas sensus dalam mendata.”kata Saleh.

Sekalipun secara nasional, lanjut Saleh, pelaksanaan SP 2020 dilakukan dengan 2 cara, yaitu Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk Wawancara, namun pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Distrik Furwagi hanya akan dilaksanakan melalui Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

“Dimana petugas sensus akan mengunjungi dari rumah ke rumah. Sensus Penduduk Online tidak dapat dilaksanakan di Distrik Furwagi karena terkendala dengan infrastruktur jaringan internet yang belum tersedia,”jelasnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST. M.stat mengatakan, Rakorcam SP 2020 di Distrik Furwagi bertujuan untuk membangun koordinasi dan kerja sama dengan seluruh jajaran pemerintahan kampung.

“Menyebarluaskan informasi tentang SP 2020 dan memobilisasi himbauan kepada warga untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk,”kata Cahyo sapaan akrabnya.

Cahyo menghimbau masyarakat Distrik Furwagi menerima kunjungan petugas sensus dan memberikan data yang sebenar-benarnya, karena ini merupakan kegiatan nasional yang dilakukan sekali dalam sepuluh tahun.

“Saya harap tidak ada satu pendudukpun yang tidak tercatat dalam Sensus Penduduk 2020 ini. Jika data yang dihasilkan salah, akan berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan yang salah juga.”pinta Cahyo.

Pada kesempatan itu, Danramil Persiapan Teluk Patipi Lettu Kav.Edianto Simangunsong memperkenalkan diri beserta sejumlah anggota BKO, selain meminta dukungan masyarakat sukseksan SP 2020, juga dia minta dukungan Kepala Distrik Furwagi dan para Kepala Kampung untuk bekerja sama selama masa tugasnya di Distrik Teluk Patipi dan Distrik Furwagi.

“Saya bersama anggota saya minta dukungan dari pemerintah distrik dan juga masyarakat kampung selama melaksanakan tugas, sya akan mengunjungi semua kampung di Distrik Teluk Patipi dan Distrik Furwagi, tujuannya adalah selain sama-sama menjaga Kamtibas juga kita sama-sama membangun kampung,”pintanya.

Rakorcam dihadiri Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.Stat, Kepala Distrik Furwagi Saleh Attamimy, S.Sos, Kasubbag Tata Usaha BPS Kabupaten Fakfak, sekaligus sebagai petugas pemateri Rakorcam dan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) Teluk Patipi, Abdul Karim Selayar, para Kepala Kampung di lingkup Distrik Furwagi, beberapa Sekretaris Kampung dan Ketua Baperkam, serta sejumlah staf Kantor Distrik Furwagi.

Turut hadir Danramil Persiapan Teluk Patipi Lettu Kav.Edianto Simangunsong beserta sejumlah anggota BKO yang ditugaskan untuk membantu persiapan pembentukan Koramil Teluk Patipi.

Rakorcam Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan di 17 distrik di Kabupaten Fakfak, dan dijadwalkan akan selesai dilaksanakan pada awal Maret 2020. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close