HeadlinePolitik

Tiga Bacalon Perseorangan Pilkada Fakfak Dinyatakan Memenuhi Syarat Minimal

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak menyatakan tiga bakal pasangan calon (Bacalon) Bupati Fakfak dan bakal calon Wakil Bupati Fakfak jalur perseorangan Pilkada Kabupaten Fakfak 2020 memenuhi syarat minimal yang ditetapkan aturan yaitu 5.179 dukungan.

Ketiga pasangan Bacalon perseorangan Pilkada Kabupaten Fakfak yakni, Pasangan bacalon Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom (UTAYOH), Pasangan bacalon Donatus Nimbitkendik – Mustaghfirin (DOAMU) dan Pasangan bacalon Abdul Rahim Fatamasya -Jeferson Jimi Liunsanda (RAJA).

“Hingga tadi malam (Minggu 23 Februari 2020) pukul 00.00 WIT, empat pasangan bakal calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan dan dari hasil penilitian dokumen tersebut, hanya tiga pasangan bakal calon yang memenuhi syarat dukungan dan sebaran sesuai aturan atau regilulasi yang berlaku,”ujar Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP diruang kerjanya, Senin (24/2/2020).

Dengan demikian, lanjut Dekry sapaan akrabnya, 3 pasangan bacalon perseoarangan itu akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu verifikasi administrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Ferbruari 2020 – 25 Maret 2020.

“Jadi tiga pasangan itu akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu tahapan verifikasi administrasi dan dokumen dukungan ganda,”kata Dekry.

Sementara satu pasangan bakal calon perseorangan tdak memenuhi syarat (TMS) yaitu Cyrillus Adopak dan Peggi Patrisia Pattipi (CEPAT).

Memurutnya, pasangan CEPAT tidak memenuhi syarat minimum dukungan dan sebaran sesuai Undang-Undamg No 10 tahun 2016, calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Fakfak tahun 2020 harus menyerahkan dukungan sebanyak 5.179 orang dengan syarat dukungan minimal ada di sembilan Distrik.

“Setelah kami KPU teliti berkas syarat dukungan belum memenuhi syarat jumlah minimum yang ditetapkan KPU sehingga KPU mengembalikan untuk memperbaiki,”kata Dekry.

Lanjut Dekry, setelah pasangan bacalon CEPAT mengembalikan dokumen syarat dukungan dan diteliti belum juga memenuhi syarat PKPU No 18 tahun 2019 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.

“Artinya dokumen model B.1.1.KWK sebarannya hanya satu distrik saja, sementara distriklainnya sesuai ketentuan KPKU Nomor 18 tahun 2019 tidak ada, dengan demikian tidak memenuhi syarat atau TMS,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close