HeadlinePolitik

Bawaslu Fakfak Tunggu Kelengkapan Berkas Permohonan Sengketa Pasangan CEPAT, Tanggi Irirwanas : Hari ini Terakhir

FAKFAK, kabarfakfak.com – Koodinator Devisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si menyampaikan, hari ini (Jumat,red) merupakan batas akhir pasangan bakal calon Bupati Fakfak dan Bakal calon Wakil Bupati Fakfak Cyrillius Adopak, S.E, MM dan Peggi Patrisia Pattipi, SE (CEPAT) memberikan kelengkapan berkas permohonan sengketa ke lembaganya.

“Sampai saat ini pelapor belum memberikan kelengakapan persyaratan permohonan, kita lagi menunggu dan besok (Jumat 28 Februari 2020) merupakan hari terakhir,”ujar Tanggi sapaan akrabnya ditemui di Kanto Bawaslu Kabupaten Fakfak, Kamis (27/2/2020) siang kemarin.

Tanggi mengakui, pengajuan permohonan sengketa oleh pemohon telah memenuhi syarat, namun beberapa aitem berkas belum lengkap.

“Memang kemarin sudah sesuai persyaratan, tetapi masih kurang-kurang berkas, karena berkas ini, ada yang asli, dileges, dan juga berkas salinan, nah semua digandakan tuju rangkap,”kata Tanggi.

Dikatakannya, jika pemohon dapat melengkapi berkas hingga batas waktu yang telah ditetapkan, maka Bawaslu akan merigister permohonan sengketa tersebut.

selanjutnya, dapat  melanjutkan ke tahap musyawarah kepada pelapor, teralpor dan juga saksi untuk Bawaslu melakukan kajian guna menentukan jenis pelanggaran.

“Dalam hal Bawaslu membutuhkan keterangan, dimana keterangan tambahan dan kajian dilakukan paling lama dua belas belas hari kelender. hal ini diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 15 tahun 2017 tentang tata cara penyelesaian sengketa Pemilu Kepala Daerah,”jelasnya.

Diketahui bahwa pengajuan sengketa oleh pasangan CEPAT ke Bawaslu merupakan buntut dari Berita Acara menolak berkas syarat dukungan pasangan CEPAT oleh KPU Kabupaten Fakfak, karena sejumlah dokumen syarat dukungan tidak memenuhi syarat (TMS). [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close