HeadlinePolitik

Sidang Musyawarah Sengketa, KPU Menolak Permohonan Pasangan CEPAT

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sidang musyawarah penyelesaian sengketa bakal pasangan calon Bupati Fakfak dan bakal calon Wakil Bupati Fakfak Cyrillus Adopak, SE, MM dan Peggi Patricia Pattipi, SE disingkat CEPAT sebegai pemohon dan KPU Kabupaten Fakfak sebagai termohon kembali digelar, Senin (2/3/2020) sekitar pukul 17.00 WIT

Sidang musyawarah sengketa dipimpin Ketua Bawaslu, Fahry Tukuwain didampingi Anggota Bawaslu Fakfak, Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si Koodinator Devisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa, dan Yanpith Kambu, S.AP Koordinator SDM dan Organisasi.

”Ini sidang musyawarah kedua dengan agenda jawaban termohon, dalam hal ini KPU Kabupaten Fakfak,’’ ujar pimpinan sidang Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak Fachry Tukuwain sembari mgetuk palu mencabut skors sidang.

Fachry memulai sidang dengan meminta pihak ter­mohon, KPU Kabupaten Fakfak untuk menyampaikan jawaban.

Pada kesempatan itu, jawaban termohon yang disampaikan Yunus Bassary, SH Kuasa Hukum KPU Kabupaten Fakfak menolak seluruh permohonan dari pemohon, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Fupati Fakfak Cyrillus Adopak dan Peggi Patricia Pattipi.

Menurut dia, alasannya menolak seluru permohonan pemohon karena tidak memiliki legal stending, dikarenakan pemohon belum ditetapkan sebagai pasangan calon.

“Subjek sengketa yang disengketakan oleh pihak pemohon tidak substansi sebagaimana diatur dalam Perbawaslu Nomor 15 tahun 2017 Pasal 4 ayat (2) Keputusan KPU Provinsi atau Keputusan KPU Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c dalam bentuk surat keputusan atau berita acara,”jelasnya.

Selain itu pemohon dalam alasan pada poin (6) terkesan dibua-buat, karena menurut Yunus Bassari, Silon hanya menggunakan Wifi tidak ada konek internet tersendiri untuk Silon.

“Sepanjang Wifi aktif ataupun menggunakan paket data Silon bisa diakses khusus untuk Silon Online sementara Silon Offline ke Online membutuhkan koneksi Internet lewat Wifi atau paket data,”ujar Basari.

KPU Kabupaten Fakfak, lanjut Basari, sebagai termohon mengeluarkan Berita Acara Nomor 18/PL.01.1-BA/9230/KPU-Kab/II/2020 sesuai dengan hasil pengecekan sebagaimana diatur dalam petunjuk teknis.

Sidang musyawarah sengketa pasangan CEPAT terhadap KPU Kabupaten Fakfak dilanjutkan Selasa 3 Maret 2020 dengan agenda pemeriksaan saksi dan bukti,

“Dengan demikian sidang musyawarah sengketa pemilihan bupati dan wakil bupati Fakfak tahun 2020, saya skorsing hingga Selasa 3 Maret 2020 jam sepuluh pagi dengan agenda pemeriksaan saksi dan bukti,”ujar Ketua Bawaslu Fakfak sembari ketuk palu satu kali. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close