HeadlinePolitik

Pemohon dan Termohon Bacakan Kesimpulan Musyawarah Sengketa Pilkada Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak kembali berlangsung dengan agenda kesimpulan Pemohon dan Termohon, Kamis (5/3/2020) sore.

Musyawarah tersebut dipimpin Ketua Bawaslu, Fachry Tukuwain didampingi Anggota Bawaslu Fakfak, Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si Koodinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa, dan Yanpith Kambu, S.AP Koordinator Divisii SDM dan Organisasi.

Ketua Majelis Musyawarah Penyelesaian Sengketa Fachry Tukuwain mempersilahkan Pemohon bakal calon Bupati Fakfak Cyrilius Adopak, SE, MM membacakan kesimpulannya.

Cyrilius Adopak dalam kesimpulannya menyatakan objek sengketa dalam hal ini berita acara jumlah dukungan dan sebaran dukungan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Fakfak tahun 2020 dengan nomor 18/PL.01.1-BA/9230/KPU-KAP/II/2020 dicabut dan dibatalkan demi hukum.

Suasana pembacaan kesimpulan Pemohon Cyrilius Adopak, S.E. M.M/foto monces.

Selain itu, dia juga memerintahkan kepada KPU Kabupaten Fakfak untuk menerima dan memeriksa kembali seluruh dokumen syarat dukungan dan syarat pencalonan pasangan calon perseorangan atas nama Cyrilius Adopak, SE, MM bakal calon Bupati Fakfak dan Peggi Patrisia Pattipi, SE bakal calon Wakil bupati Fakfak.

Dia berharap apabila majelis komisioner musyawarah sengketa berpendapat lain mohon keputusan yang seadil-adilnya.

“Demikian kesimpulan ini kami sampaikan kami berharap majelis komisioner sidang sengketa bupati dan wakil bupati Kabupaten Fakfak tahun 2020 sebagai benteng penjaga pengawal pemilu dalam menjamin terpenuhinya hak politik warga negara dapat memberikan keputusan yang seadil-adilnya,”pinta Cyrilius Adopak.

Sementara itu, Termohon KPU Kabupaten Fakfak melalui Kuasa Hukumnya Yunus Bassari, SH dalam kesimpulannya menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya.

Suasana pembacaan kesimpulan oleh Kuasa Huku Termohon Yunus Bassari, S.H/foto monces.

“Menerima jawaban dan Bantahan termohon untuk seluruhnya,”ujar Yunus Bassari, SH didampingi Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP, dan 3 orang Komsioner KPU Kabupaten Fakfak, Hasanudin Rettob, S.Pdi, Herman Bugis, S.H, dan Abdon Retraubun, S.E.

Setelah mendengar kesimpulan pemohon dan termohon, dan masing-masing menyerahkannya kepada Pimpinan Majelis Musyawarah Penyelesaian Sengketa, maka sidang diskor dan akan digelar kembali dengan agenda putusan.

“Sidang Musyawatah penyelesaian sengketa pemilihan bupati dan wakil bupati Fakfal saya skors sampai dengan undangan resmi kami sampaikan kepada pemohon dan termohon,”ujar Ketua Majelis Musyawarah Sengketa Fachry Tukuwain sembari mengetuk palu satu kali. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close