HeadlineKesehatan

Dinas Kesehatan Fakfak Rapat Lintas Sektor Evaluasi Dektesi Dini Virus Corona

FAKFAK, kabarfakfak.com – Mengantisipasi penyebaran dan penularan Virus Corona di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak menggelar rapat lintas sektor dianatranya KSOP Fakfak, Bandara Torea, Puskesmas dan RSUD Fakfak di ruangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Senin (9/3/2020) siang kemarin.

Rapat tersebut bertujuan mengevaluasi Deteksi dini terhadap setiap penumpang yang turun dari pesawat di Bandara Torea Fakfak dan juga Pelabuhan Fakfak, yang telah berlangsung sepekan terakhir ini.

Kepada Papua barat Pos usai rapat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto, SKM, M.Si mengatakan dalam rapat tersebut, ada beberapa saran dan masukan untuk meningkatkan kewaspadaan penularan virus corona.

“Selain  membuka pos deteksi dini seperti di Bandara dan juga Pelabuhan, juga kita akan menyusun jadwal untuk mendatangi sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan, dan juga masyarakat, ”kata Gondo Suprapto.

Selain pos-pos deteksi dini, lanjut Gondo Suprapto, pihak Rumah Sakit Umum Daeah (RSUD) Kabupaten Fakfak membuka layanan, jika ada masyarakat atau pasien yang ingin memeriksakan diri.

“Hal itu semata untuk mengantisipas penyebaran dan penularan Virus Carona, mudah-mudahan Virus Carona ini tidak masuk di Kabupaten Fakfak, namun kita tetap waspada dan tetap mengikuti himbuan pemerintah,”imbuhnya.

Himbauan pemerintah itu, sebut Gondo Suprapto, yaitu tentang perilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan pakai sabun, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergisi.

“Memakai masker ketika megerumunin orang yang sakit, tata laksana atau etika batuk atau bersin harus ditutup atau memakai masker,”pintanya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close