HeadlinePolitik

Maju Pilkda Fakfak 2020, Untung Tamsil akan Serahkan Kendaraan Dinas

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sehingga tidak dicurigai menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan Politik Pilkada Kabupaten Fakfak 2020, Bakal calon (balon) Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos. M.Si akan menyerahkan kenderaan dinas beruba roda empat Hilux ke Pemerintah Daerah.

“Direncanakan pada hari senin besok (tanggal 16 Maret 2020), saya akan menyerahkan fasilitas kendaraan dinas roda empat yang sementara saya gunakan dalam jabatan saya sebagai pejabat eselon tiga pada Pemerintah Kabupaten Fakfak,”ujar Untung Tamsil pada Konferensi Pers di Rumah Juang UTAYOH, Minggu (15/3/2020) siang.

Menurut dia, hal ini dilakukan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara, Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan  Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara dan daerah.

“Bahwa barang milik negara atau daerah adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN untuk negara, APBD untuk daerah khusus di Kabupaten Fakfak dan berasal juga dari perolehan lain yang sah.

“Kendaraan perorangan dinas yang saya gunakan adalah barang milik daerah, yang sementara saya gunakan kendaraan roda empat Haelux pada tahun 2017, kebetulan saya dipercayakan oleh bapak bupati sebagai pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan. Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, sehingga sumber pembiayaannya melalui APBD dan dianggarkan disana,”kata UT sapaan akrabnya.

Lanjut dia, kendaraan tersebut digunakaan juga pada saat dimutasikan ke Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Fakfak dalam jabatan sebagai Sekretaris.

“Nah, setelah saya mengundurkan diri dari jabatan Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Fakfak, maka kendaraan dinas yang saya gunakan juga dikembalikan dan itu wajib dikembalikan, supaya tidak ada multi tafsir yang salah bahwa saya gunakan kendaraan tersebut untuk kepentingan Politik, sebab hal itu juga melanggar regulasi,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close