HeadlineHukum & Kriminal

Polres Fakfak Razia Tempat Hiburan Malam, Sejumlah Pekerja Tak Miliki KTP

FAKFAK, kabarfakfak.com – Polisi Resort Fakfak Polda Papua Barat merazia tempat hiburan malam di kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah atau jalan belakang Kota Fakfak, Jumat (20/3/2020) tadi malam.

Razia gabungan dari Sabhara, Intelkam, Satuan Reskrim dan Satuan Res Narkoba Polres Fakfak, yang dipimpin Kasat Intelkam Polres Fakfak Iptu Ilham, SH. MM mendatangi satu persatu tempat hiburan malam.

Selain mendata sejumlah pekerja hiburan malam, mereka diminta menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Fakfak, juga menjaga kebersihan.

Dari hasil razia itu, ditemukan sejumlah pekerja hiburan malam tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan ijin usaha habis masa berlaku, bahkan ada yang tidak memiliki ijin usaha.

Untuk itu, Kasat meminta Bos atau Pemilik Hiburan malam agar segera mengurusinya, sehingga tidak terkesan usaha Illegal.

“Malam ini anda silahkan buat kegiatan, sampai pagi pun nda apa-apa, tapi besok dan tidak ada batas waktu ditentukan, anda boleh melengkapi dokumen-dokumennya,”tegas Kasat kepada Pemilik atau Bos usaha Hiburan Malam.

Menurut Kasat, dokumen yang dimaksudkan itu sesuai prosedur mendirkan atau membuka usaha Hiburan Malam diantaranya  surat ijin dari pemerintah daerah, sanitasi dari Puskesmas.

“Termasuk You (anda) punya karyawan-karyawan yang belum punya KTP segera diurus, termasuk BPJS Ketenakerjaan dan Kesehatan diurus, termasuk hak-hak pekerja diberikan,”pinta Kasat..

Lanjut Kasat, setelah dokumen tersebut telah lengkap maka boleh melaksanakan aktivitas tanpa lagi dikatogorikan Illegal artinya usaha tersebut telah resmi sah.

“Jangan lupa termasuk rekomendasi atau surat ijin keramaian dari pihak Kepolisian, sepanjang anda tidak melengkapi itu, maka anda dikatakan illegal, maka usaha anda akan dihentikan,”tegas Kasat.

Selain Kamtibas dan dokumen usaha yang menjadi sasaran utama dari razia itu, Pihak Kepolisian juga menghimbau agar waspada terhadap penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Waspada dengan cara menjaga kebersihan dan tidak mengumpulkan banyak orang dalam kegiatan-kegiatan tempat huburan hingga larut malam, Selain itu juga Bos dan Pekerja diminta menjaga Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkda Kabupaten Fakfak.

Pantauan media, suasana hiburan malam dikawasan itu nampak sepih, para pekerja duduk diluar depan tempat hiburan malam sembari mendengar musik menunggu tamu maupun apara lelaki hidung belang. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close