HeadlineKesehatan

Ratusan Pemumpang KM. Tidar Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Pelabuhan Fakfak Cegah Corona

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sebanyak 331 penumpang KM. Tidak yang turun di pelabuhan Fakfak menjalani proses pemeriksaan ketat oleh petugas kesehatan

Pemeriksaan kesehatan dilakukan setelah KM. Tidar sandar di Pelabuhan Fakfak, Rabu (25/03/2020) sekitar pukul 17.00 WIT sore.

Satu persatu penumpang yang turun dari kapal diperiksa atau didekteksi oleh petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APK) mulai dari sarung tangan, masker hingga baju pengaman diri.

Pemumpang tidak ada satupun yang lolos dari pemeriksaan kesehatan, karena pemgawasan ketat puluhan petugas Satpol PP yang dipimpin Kasat. Pol PP, Arif H. Rumagesan, S.Sos, MAP ikut mengawasi penumpang turun bahkan anggota Polisi Pos KP3 Laut Fakfak pun ikut perkuat pemantauan.

Satu persatu penumpang yang turun dari KM. Tidar di pelabuhan Fakfak sebelum di lakukan deteksi suhu badan dengan menggunakan Thermo Gun, wajid di semprot tangannya menggunakan Hand Sanitaizer setelah melewati pemeriksaan shu badan, ratusan penumpang turun langsung dicatat menggunakan formulir Health Alerd Cart (HAC) kartu kewaspadaan.

Pemeriksaan 331 penumpang yang turun dari KM. Tidar oleh petugas kesehatan diawasi langsung Kepala Dinas Kesehatan Fakfak, Gondo Suprapto, SKM, M.Si, yang juga Sekertaris Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid -19 sebagai jubir Pemkab Fakfak Percepatan Penanganan Covid -19.

Sekertaris tim Satgas percepatan penanganan Covid -19 yang juga jubir Pemkab Fakfak dalam penanganan virus corona, Gondo Suprapto, mengatakan, dalam proses pemeriksaan kesehatan penumpang yang turun di pelabuhan Fakfak dideteksi mengalami pilek,  flu, batuk dan demam dan dari riwayat perjalanannya diketahui berasal dari daerah endemik Covid 19 atau memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid -19 maka dikategorikan menjadi orang dalam pengawasan (ODP).

“Bila penumpang yang turun ini dideteksi mengalami, pilek, flu, batu dan demam dan dia berasal dari daerah endemik atau memiliki riwayat kontak dengan dengan kasus konfirmasi Covid -19 maka dikategorikan ODP,”ujarnya.

Namun hingga pemeriksaan ratusan penumpang KM, Tidar yang turun di Fakfak berakhir, belum diketahui data penumpang yang mengalami keluhan, flu, pilek, batuk dan demam karena data tersebut akan dirilis Kamis (26/03/2020),”kata Gondo Suprapto.

Sementara itu, data penumpang KM. Tidar yang diperoleh dari pihak PT. Pelni Cabang Fakfak, menyebutkan, data penumpang turun di Fakfak dari pelabuhan asal yakni  pelabuhan Makasar – Bau Bau – Ambon – Tual – Dobo dan Kaimana sebanyak sebanyak 331 orang sedangkan penumpang lanjutan tujuan Sorong dan Manokwari sebanyak 566 orang sedangkan penumpang naik dari Fakfak tujuan Sorong dan Manokwari sebanyak 165 orang.[monces].

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close