HeadlineKesehatan

KMP. Kalabia Sandar di Pelabuhan Fakfak, Ratusan Penumpang Tes Suhu Tubuh

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kapal Motor Penyebrangan (KMP). Kalabia dari Sorong telah sandar di Pelabuhan Fakfak, Kamis (26/3/2020) sekitar pukul 10.00 WIT.

Begitu sandar, satu persatu penumpang turun dari kapal langsung mendapat sambutan tes atau mengkur suhu tubuh dan bagi-bagi brosur oleh Tim Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Virus Corona atau Covid-19 yang dipimpin Direktur RSUD Kabupaten Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp.PD.

Selain mengukur atau tes suhu tubuh, Tim Kesehatan mempertanyakan dari daerah mana saja penumpang tiba di Fakfak. Jika diketahui dari daerah yang dicurigai Covid-19 langsung dipisahkan.

Dari pantauan media ini, 6 orang penumpang yang diketahui mahasiswa kota studi Jogja, Jayapura dan Ambon dipisahkan satu tempat langsung mendapat arahan dari dr. Subhan Rumoning, Sp.Pd.

Enam orang penumpang KMP. Kalabia mendapat arahan khusus dari Direktur RSUD Kabupatem Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp.PD/foto monces.

Dalam arahannya, dr. Subhan menyarankan agar 6 orang yang digolongkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (OPD) ini berada di rumah atau sel isolasi mandiri di rumah selama 14 hari untuk melihat kondisi kesehatan yang dialami.

Selama 14 hari dirumah akan mendapat pantauan langsung oleh tim kesehatan yang bertugas diwilayah masing-masing terkait kondisi kesehatan mereka.

Selain pantauan dari Tim medis atau Kesehatan, juga pantauan langsung dari orang tua, yang hanya semata memastikan kondisi kesehatan mereka, dan tidak boleh berkeliaran diluar rumah alias tetap berada di rumah.

Enam orang penumpang diminta tetap melakukan komunikasi dengan tim kesehatan yang akan memantau langsung kondisi kesehatan dirumah, baik secara pendekatan maupun via pertelepon atau Video Call (VC).

“Ade-ade kalau ada gejala batuk, tenggorokan sakit langusng koordinasi secepatknya dengan kami, nomor saya diambil, ada keluhan teman-teman WA atau WhatsAp saya kita video call langsung menyampaikan keluhan,”pinta dr. Subhan.

Setelah mendapat arahan dari dr. Subhan Rumoning, juga sebagai Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak, 6 orang penumpang langsung pulang ke rumah masing-masing.

Suasana pemeriksaan penumpang KMP. Kalabia saat sandar di pelabuhan Fakfak/foto monces.

Selain Direktur RSUD Fakfak memantau langsung pemeriksaan kesehatan para penumpang, juga Kapolres Fakfak AKBP. Ongky Isgunawan, S.I.K dan Dandim 803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman.

Sementara itu, data penumpang KMP. Kalabia yang diperoleh media ini dari pihak KSOP Fakfak menyebutkan, data penumpang yang turun di Kabupaten Fakfak dari pelabuhan asal Sorong berjumlah 192 orang lebih. Sedangkan penumpang lanjutan ke Wahai Maluku 4 orang.

KMP Kalabia kembali dari Wahai tujuan Fakfak selanjutnya ke Sorong hari Sabtu (28/3/2020) tidak mengangkut penumpang, hanya membawa atau mengangkut barang atau logistic kebutuan masyarakat. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close