HeadlineKesehatan

Ruang Isolasi Khusus di RSUD Fakfak Masih Kosong, dr. Subhan : Kita Doakan Bersama Tidak ada Pasien Positif Corona

FAKFAK, kabarfakfak.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp. PD mengatakan bahwa, hingga saat ini ruang isolasi khusus pasien Virus Corona atau Covid-19 di RSUD Kabupaten Fakfak masih kosoang.

“Sampai dengan saat ini belum ada pasien yang dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19, kita doakan dan harapkan tidak ada di Kabupaten Fakfak,”ujar dr. Subhan Rumoning yang juga Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak ditemui disela-sela memantau penunpang yang turun dari KMP. Kalabia, Kamis (26/3/2020) pagi tadi.

Menurut dia, saat ini yang hanya ada Orang Dalam Pemantauan (OPD), yang sedang terpantau oleh tim kesehatan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Fakfak di rumah mereka.

“Jadi ODP atau orang dalam pemantauan ketika ada peningkatan gejala atau nyeri tenggorokan atau batuk, maka kita akan mengambil tindakan sesuai Satandar Operasional Prosedur (OSP), pengambilan darah, bila perlu dijemput untuk dilakukan CitiScen di rumah sakit sampai obat-obatpun akan kita antar ke rumah pasien tersebut,”jelas dr. Subhan.

Subhan meminta ODP tetap berada dirumah dan terus dilakukan pemantauan atau kunjungan oleh tim kesehatan yang ditugaskan.

“Kami minta mereka atau orang dalam pengawasan tetap berdiam di rumah, selanjutnya kami dari bagian medis dan pemerintah, serta satgas yang akan mengunjungi dan memantau perkembangan mereka yang tergolong dalam orang dalam pemantauan,”pintana.

Ditegaskannya, tim medis tidak membiarkan satupun ODP yang berkeliaran diluar rumah alias tetap berada di rumah untuk dipantau kondisi kesehatannya.

“Jadi kita ngak pakai lagi pasien atau orang dalam pemantauan itu panas atau tidak, keluhan atau tidak, karena gradisi klinis daripada Covid ini, hari kelima, hari ketuju baru dia akan muncul demam, baru dia akan muncul gejala, nyeri tenggorokan. Untuk itu, kami semakin melonggarkan, memperluas definisi orang dalam pemantauan,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close