HeadlineKesehatan

14 Hari ODP Jalani Isolasi Mandiri Sangat Tepat, dr. Subhan : Gradasi Klinis dari Covid Hari Kelima, Ketuju Muncul Demam, Nyeri Tenggorokan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat Indonesia supaya melakukan aktivitas di rumah┬áselama 14 hari. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersempit penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Sama halnya Orang Dalam Pengawasan (OPD) terkait Covid-19 perlu juga menginsolasi mandri atau karantina mandiri dirumah selama 14 hari itu sangat tepat untuk mengetahu kondisi kesehatannya oleh para medis atau tenaga kesehatan yang melakukan pemantauan.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp.PD mengatakan, definisi ODP adalah setiap orang yang berasal dari daerah terjangkit.

Karena menurut dokter spesialis penyakit dalam ini bahwa, gradasi klinis daripada Corona atau Covid itu akan diketahui pada hari kelima atau hari ketuju muncul demam, dan nyeri tenggorokan.

Untuk itu, dr. Subhan menegaskan kepada ODP untuk tetap berdiam atau berada di rumah selama 14 hari untuk dilakukan pemantauan oleh para medis atau tenaga kesehatan yang telah ditugaskan memantau perkembangannya.

“Jadi kita ngak pakai lagi nunggu panas atau tidak, keluhan atau tidak, karena gradasi klinis daripada Covid ini, hari kelima atau hari ketuju baru dia akan muncul demam, nyeri tenggorokan, jadi kita makin melonggarkan, makin definsi orang dalam pemantauan,”ujar dr. Subhan ditemui media ini disela-sela memantau pemeriksaan penumpang KMP. Kalabia pekan lalu.

Kepada masyarakat, dr. Subhan berpesan untuk tidak panik Covid-19, namun tetap waspada dengan cara hindari kontak dengan orang seperti bersalaman, cium pipi kanan, kiri, hindari kerumunan atau pertemuan berkelompok.

“Gunakan masker bila demam dan batuk, terapkan ketika batuk, selalu cuci tangan pakai sabun dengan benar atau gunakan hand sanitizar, dan ikuti panduan resmi dan perkembangan infomasih,”pintanya.[monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close