HeadlineMetro Fakfak

Umat Katolik di Fakfak Rayakan Paskah via Live Streaming

FAKFAK, kabarfakfak.com – Umat Katolik di wilayah Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat merayakan Paskah melalui siaran Live Streaming demi mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Hal itu dismapikan Ketua Tim Pastoral Wilayah (TPW) Kabupaten Fakfak Pastor John Tala, Pr, yang juga Ketua Paroki Santo (St) Yosep Fakfak, Minggu (5/4/2020) pagi tadi.

“Parayan-perayan pekan Suci ini, mulai dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Hari Raya Paskah akan diadakan secara Live Streaming. Kalaupun ada umat dalam gereja ini, hanya terbatas dan mengikut SOP yang telah ditentukan,”ujar Pastor John Tala.

Menurut Pastor John, perayaan Paskah melalui siaran Live Streaming ini dilakukan mengikuti himbauan Pemerintah dan juga membatasi kerumunan masa, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Gereja seluas dua puluh, lebar dikali mencapai lima pulu meter ini nanti akan diatur kalau ada umat masuk sekurang-kurangnya dua puluh, tiga puluh orang dengan jarak satu setengah meter sampai dua meter, kalau ada umat yang mau mengikuti perayaan, tetapi pada prinsipnya perayaan paskah melalui Live Streaming mulai hari ini sampai hari paskah nanti,”kata Pastor John.

Untuk gereja Katolik lainnya di Kabupaten Fakfak, lanjut Pastor John Tala, ada yang tidak melakukan ibadah via Live Streaming, tetapi para Pastor secara pribadi mereka berdoa dan misa secara pribadi untuk umat dan masyarakat Kabupaten Fakfak agar terhindari dari wabah corona.

“Untuk itu, umat katolik diharapkan mengikuti Live Streaming perayaan ekaristi yang ditayangkan melalui media sosial,”pinta Pastor John.

Terkait dengan pembagian daun Palma, menurut Pastor John Talla bahwa, daun Palma dikumpulkan dan diberkati, setelah itu masing-masing utusan dari lingkungan mengambilnya dan membagi kepada umat.

“Besok atau beberapa waktu kemudian silahkan perwakilan dari masing-masing lingkungan datang mengambilnya (daun palma,red) membagi kepada umat, namun tetap memperhatikan himbauan-himbauan pemerintah demi menghindari relasi dan komunikasi, kedekatan sesuai SOP yang ada,”imbuhnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close