HeadlineKesehatan

Agar Tidak Mengarah ke PDP, Puskesmas Terus Perketat Pamentauan ODP

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, SKM. M.Si mengatakan, petugas medis Puskesmas diwilayah Kabupaten Fakfak terus melakukan pemantauan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dikarantina atau isolasi pribadi di rumah maupun karantina khusus di Diklat Pemerintah Kabupaten Fakfak.

“Hal itu kita lakukan agar mereka tidak mengarah ke PDP atau Pasien Dalam Pemantauan,”ujar Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak ini saat rapat lintas Forkominda, Tokoh Agama di rumah negara Bupati Fakfak, Senin (6/4/2020) kemarin.

Gindo menjelaskan bahwa, kriteria ODP adalah orang yang memiliki gejala yang lebih ringan pada umumnya, seperti batuk, sakit tenggeorokan dan demam.

“Mereka (ODP,red) mereka datang dari daerah zona merah artinya mereka yang datang dari daerah terjangkit, itulah kita melakukan karantina mandiri di rumah maupun karantina khusus seperti saat ini di Diklat Pemda Fakfak,”jelas Gondo Supratpto.

Sedangkan, lanjut dia, kriteria Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sesuai dengan gejala yang nampak termasuk demam, batuk, sesak napas, hingga sakit tenggorokan.

“Disisi lain, hasil obeservasi yang dilakukan menemukan adanya saluran napas bawah yang terganggu serta kontak erat dengan penderita positif atau dari yang terjangkit, maka perlu penanganan khusus di rumah sakit, na, supaya tidak ke kriteria itu, maka perlu perketat pemantauan,”pintanya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close