HeadlineMetro Fakfak

Tumpangi KM. SN 77, Sebanyak 338 Warga SBT kembali ke Kampung Halaman

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sebanyak 338 orang warga Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat kembali ke kampung halaman tumpangi KM. Sabuk Nusantara (SN) 77, Sabtu (25/4/2020) siang kemarin.

Warga SBT ini kembali ke kampung halaman untuk melaksanakan Ibadah Puasa Ramdhan 1441 H/2020 Masehi bersama keluarganya masing-masing.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak, Gondo Siprapto, SKM. M.Si mengatakan, kepulangan warga SBT merupakan proses yang panjang, mulai dari pengajuan surat warganya ke Bupati SBT.

“Disamping itu juga kita lakukan persyaratan-persyaratan lainnya, yang dipersyaratkan oleh nahkoda kapal maupun oleh Kabupaten tujuan,”ujar Gondo Suprapto saat konference pers di Posko Satgas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Fakfak tadi malam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak ini menunjukan Surat Bupati SBT dengan Nomor : 470/278 tertanggal 24 April 2020, Perihal kesediaan menerima warga SBT yang akan kembali dari Fakfak Papua Barat.

Isi surat yang ditandatangani Bupati SBT Abdul Mukti Kelioabas menyatakan pada prinsipnya Pemerintah SBT tidak berkeberatan menerima kedatangan warga SBT di Kabupaten Fakfak.

Alasan Pemerintah SBT menerima warganya, karena Kabupaten Fakfak belum dikategorikan sebagai zona merah penyebaran Covid-19, dan tidak memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 25 tahun 2020. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close