HeadlineKesehatan

Gugus Tugas Covid-19 Fakfak Umumkan Hasil Rapid Test 4 Orang ODP Reaktif

FAKFAK, kabarfakfak.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak mengumumkan hasil rapid test ke 2 atas 70 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang saat ini di Karantina Khusus di Diklat Pemda Kabupaten Fakfak.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, SKM, M.Si menyatakan, dari 70 ODP yang di Rapid Tes, sebanyak 66 non rekatif atau Negatif dan 4 orang Reaktif atau Positif.

“Empat orang reaktif hasil rapid test terdiri dari 3 orang berjenis kelamin laki-laki usia 33 tahun dan 40 tahun, dan 1 orang berjenis kelamin perempuan 20 tahun,”ujar Gondo Suprapto didampingi dr. Subhan Rumoning, Sp.PD saat konference pers di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Fakfak, Minggu (3/5/2020) malam.

Sementara dr. Subhan Rumoning mengatakan, hasil rapit test 4 orang reaktif sudah termasuk 1 orang yang sebelumnya reaktif, yang hasilnya telah dikirim ke laboratorium Balai Penilitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan di Makassar.

“Tiga orang yang dinyatakan reaktif itu diduga melakukan kontak fisik dengan satu orang yang sebelumnya reaktif, dan hasilnya akan kita kirim juga ke Balitbangkes di Makassar,”ujar dr. Subhan.

Gondo Suprapto mengatakan, pihaknya (Tim Medis,red) juga ambil aemple Sewb sebanyak 7 sample untuk dikonfirmasih dilaboratorium dengan RT PCR di Makassar

Dijelaskannya, Rapid Test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau Covid-19.

“Test yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus corona. bukan melalui ada tidaknya antibody terhadap virus ini,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close