HeadlineKesehatan

1 Orang Positif, Kabupaten Fakfak Masuk Zona Merah Covid-19

FAKFAK, kabarfakfak.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak merilis satu orang bernisial IP berjenis kelamin laki-laki (33) dinyatakan postif Corona atau Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, S.K.M., M.Si. dan dr. Subhan Rumoning, Sp.PD mengatakan, satu orang dinyatakan positif Corona itu berdasarkan Surat Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Papua Barat Nomor 234/SATGAS/V/2020 tertanggal 10 Mei 2020, tentang Hasil Pemeriksaan Laboratorium Covid-19 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar.

“Surat dari Gugus Tugas Propinsi Papua Barat baru kami terima hari ini, dan 1 orang dinyatakan positif covid-19,”ujar Gondo saat konference pers di Posko Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Fakfak, Minggu (10/5/2020) malam

Menurut dr. Subhan Rumoning, Sp.PD., orang yang dinyatakan positif covid-19 ini, merupakan salah seorang dari 3 orang yang specimentnya dikirim ke Makassar  untuk dilakukan swab test atau PCR, setelah dilakukan rapid test pertama.

“Satu orang berinisial M, saat rapid test pertama dinyatakan positif. Dan kami menindaklanjuti dengan mengirim 3 sample speciment ke Makassar. Ternyata, berdasarkan hasil PCR dari Makassar, yang dinyatakan positif covid-19 justru bukan M, melainkan temannya yang berinisial IP,”ujar Subhan.

Atas hasil laboratorium ini, Subhan berpendapat bahwa, karena IP tidak menunjukkan gejala klinis yang buruk, maka IP tetap dikarantina di Gedung Diklat Pemda Fakfak, dan tidak perlu dipindah ke RSUD Kabupaten Fakfak.

“Kami akan tetap mengkarantina IP di Gedung Diklat Pemda Fakfak karena kondisinya baik. Kamar tidur dan kamar mandi sendiri, dan juga diberikan vitamin,” jelas Subhan.

Subhan juga menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan swab test kembali, untuk mendapatkan hasil terakhir.[IF/monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close