HeadlineMetro Fakfak

Wujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Kominfo Fakfak Siapkan Aplikasi Vidcon

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si mengatakan, Pemerintah Kabupaten Fakfak kedepan akan memanfaatkan Teknologi Informasih dan Komunikasi (TIK) sebagai kebutuhan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas layanan publik.

Hak itu disampaikan Bupati saat pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Fakfak tahun 2021 di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Jumat (8/5/2020) lalu.

Menjawab itu, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Fakfak yang dinahkodai Donald S.H. Wenggi, ST. M.M telah menyediakan aplikasi jarak jauh berbasis Web. Aplikasi ini merupakan hasil karya Diskominfostaper Kabupaten Fakfak.

“Aplikasi ini sudah pernah kita coba pada setiap Video Conference atau Vidcon di gedung Windert Tuare dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan juga baru-baru ini kita gunakan untuk Musrenbang tingkat Kabupaten Fakfak tahun 2021,”ujar Donal Wenggi di Kantor Diskominfostaper Kabupaten Fakfak, Senin (11/5/2020) pagi kemarin.

Terkait dengan aplikasi yang telah digunakan itu, selaku Kepala Diskominfo mengusulkan namanya aplikasi “Mocha. “Nama aplikasi Mocha inikan kita usul ke bapak bupati, jika beliau setuju maka beliau sendiri yang akan melounchingnya. Perlu diketehui bahwa, aplikasi ini merupakan hadiah atau pengharagaan diakhir masa jabatannya sebagai Bupati Fakfak,”kata Donald.

Menurutnya, aplikasi ini sederhana dan gratis digunakannya, cukup hanya membuka situs www.fakfakkab.go.id, “Anda bisa koordinasi atau datang saja ke kantor Diskominfosater untuk mendapatkan akses kode, setelah dibuatkan room sendiri untuk kepentingan kegiatan baik work from home atau learning from home,”kata Donald.

Djelaskannya, jika sudah dibuatkan room, maka sudah bisa digunakan untuk Video Conference. Hal ini digunakan untuk memperlancar Work Room Home atau Learning Frome Home selama Pandemi Covid-19.

“Jadi sekali lagi pada prinsipnya, kalau mau menggunakan aplikasi tersebut datang saja ke Dinaskominfosapter nantinya kita buatkan room dan mendapatkan kode akses,”pintanya.

Donald menambahkan, pihaknya (Diskominfostaper,red) kedepan akan digunakan dua aplikasi yang sama, tapi digunakan untuk bidang yang berbeda.

“Dua aplikasi yang sama ini bisa digunakan OPD/kantor-kantor dan juga Sekolah-Sekolah di Kabupaten Fakfak, jadi kalau sudah dibuatkan room, sudah bisa digunaka untuk video conference,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close