HeadlineMetro Fakfak

Bupati Fakfak Merasa Aneh, Ada Oknum LSM Lapor ke KPK

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si merasa aneh ada oknum LSM melapor dirinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait adanya penggunaan anggaran penanganan Covid-19, yang menurut oknum LSM itu anggaran tersebut bersumber dari APBN.

Menurut Bupati dana Covid-19 sebesar Rp. 22 milyar bersumber dari APBD Kabupaten Fakfak, bukan dana suplay dari pusat, sehingga ancaman melaporkan dirinya di KPK sangat keliru, sebab hingga saat ini dana tersebut belum digunakan.

“Ketika kita (Pemda Fakfak,red) merumuskan kebijakan-kebijakan berdasarkan perintah pusat untuk realokasi, refocusing, mereka mau lapor Bupati di KPK, karena tidak menggunakan anggaran, dikiranya anggaran disuplai dari pusat, padahal tidak, saya tidak mengerti itu,”ujar Bupati dalam sambutannya pada launching gerakan mandiri pangan di gedung windert Tuare Kabupaten Fakfak, Senin (18/5/2020).

Bupati menjelaskan penggunaan dana covid-19 merupakan sumber dana APBD Kabupaten Fakfak, bukan dana suplay dari pusat, hingga ancaman melaporkan dirinya di KPK adalah salah dan keliru, sebab dananya belum digunakan saat ini.

Bupati mengakui boleh saja pengawasana tupoksi kerja LSM tersebut, namun anehnya transparansi bukan dilakukan untuk seluruh Kepala Daerah di Indonesia, melainkan pengawasannya hanya untuk Bupati Fakfak.

“Namanya transparansi, tapi transparansi bukan ke 61 pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tapi hanya untuk Bupati Fakfak saja yang diawasi, tidak masuk akal, uang kita belum pakai lagi mereka sudah lapor Bupati ke KPK,”kata Bupati.

Tuduhan Pemerintah Daerah dan Tim Gugus Covid-19 bekerja tidak transparan, lanjut Bupati, itu tidak benar pasalnya Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak telah melaksanakan MoU dengan Kejaksaan Negeri Fakfak terkait penggunaan dana Covid-19.

“Kita (Pemda Fakfak-red) merumuskan kebijakan penggunaan dana yang teralokasi dalam keputusan legislasi itu tidak mudah, karena itu harus Iebih berhati-hati, Iebih baik kita merumuskan dari pada kita merombak strategi anggaran yang sudah ditetapkan,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close