HeadlineKesehatan

Positif Corona Di Fakfak Bertambah Menjadi 2 Orang

FAKFAK, kabarfakfak.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak merilis hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) tahap II, yang dilakukan di Laboratorium Biologi Molekuler Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI di Makassar.

Dalam rilis yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Fakfak, Minggu (24/5/2020) didapatkan hasil bahwa, dari 5 sample yang dikirim oleh gugus tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak.

Dari 5 sample itu, terdapat 1 orang positif corona, dengan identitas JA, laki-laki berusia 40 tahun, yang disebut dengan kasus 02. Dengan begitu, hingga kini sudah terdapat 2 orang dengan status positif corona.

Sebelumnya, dalam pemeriksaan PCR tahap I yang dirilis pada 10 Mei 2020 lalu, terdapat 1 orang positif corona dengan identitas IP, laki-laki berusia 33 tahun, yang disebut dengan kasus 01.

Hingga saat ini, gugus tugas covid-19 masih melakukan karantina terpusat di Gedung Diklat Pemda Fakfak di Wagom, sebanyak 5 orang, yang terdiri atas 2 orang positif corona yakni kasus 01 dan kasus 02 dan 3 orang ODP atau Orang Dalam Pemantauan yang berasal dari daerah terjangkit masuk secara illegal.

Kelima orang tersebut saat ini kondisinya dalam keadaan sehat dan bugar, tidak menunjukkan ada gejala Covid-19. Kita berdoa semua, semoga semuanya sehat dan sembuh dari penyakit ini.

Gondo Suprapto menjelaskan, “Terhadap 2 orang yang positif corona, karena kondisi fisiknya baik, bugar dan tidak menunjukkan gejala covid-19, maka mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit. Sebab, rumah sakit hanya diperuntukan bagi kasus positif, yang bergejala atau ada keluhan, sehingga membutuhkan perawatan atau penangan medis tertentu,”ujarnya.

Terhadap kasus ini, Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui gugus tugas covid-19 menghimbau, agar seluruh masyarakat tetap melaksanakan social distancing dan physical distancing, dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti jaga jarak di keramaian, pakai masker bila di luar rumah, sering cuci tangan pakai sabun, serta menerapkan etika batuk dan bersin. [IF/monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close