HeadlineKabar Utama

Bangga, Jens Ramli Komber Putra Asli Papua Kampung Kanantare Lulus Jadi Prajurit TNI AD

MANOKWARI, kabarfakfak.com – TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan salah satu motivasi putera putri asli Papua menjadi Prajurit TNI.

Karena selain progrm TMMD yaitu pembangunan Fisik, juga sosialisasi sekaligus motivasi atau dorongan untuk putra putri asli Papua menjadi Prajurit TNI.

Misalnya, belum lama ini TMMD ke 107 tahun 2020 di Kampung Kanantare Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak telah memotivasi, edukasi putra putri asli Papua di kampung tersebut berhasil atau lulus menjadi Prajurit TNI AD.

Salah satunya Jens Ramli Komber anak dari Almahrum Yahya Komber Ketua Adat Kampung Kanantare telah Lulus seleksi Calon Tamtma (CATAM) TNI AD Gelombang I Tahun 2020 Kodam XVIII/Kasuari dan saat ini menjalani Pendidikan Tamtama atau Dikmata TNI AD.

Diketahui bahwa, Kodam XVIII/Kasuari dibawah Pimpinan Mayjen Ali Hamdan Bogra, S.I.P. M.Si, melalui seleksi ketat telah meloloskan 339 orang siswa Tamta menjadi Prajurit TNI AD. Jumlah tersebut tercatat 80 persen Orang Asli Papua (OAP) dan 20 persen merupakan non OAP.

Dari 339 orang siswa calon Tamtama menjalani pendidikan, 219 orang siswa Tamtama di Rindam XVIII/Kasuari, dan 120 orang siswa Tamtama dititipkan di Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Para calon siswa Tamtama atau Secata ini nantinya lulus pendidikan menjadi Prajurit TNI AD, dan akan menyandang pangkat Prajurit Dua (Prada).

Dikmata ini akan berlangsung selama 20 minggu ke depan, dimulai sejak Jumat 22 Mei 2020 hingga 8 Oktober 2020 mendatang. [ST]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close