HeadlineMetro Fakfak

Bupati Fakfak Bersama Forkopimda, Gugus Covid-19 Bahas Persiapan Penerapan New Normal

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si pimpin rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Gugus Covid-19 di gedung Winder Tuare Kabupaten Fakfak, Selasa (2/6/2020) siang.

Rapat tersebut membahas penertiban protokoler Normal Baru (New Normal), yang berakhir dengan kesepakatan, akan membuat Juklak atau petunjuk pelaksanaan yang tidak terlepas dari Protokoler Kesehatan Covid-19 secara Nasional.

Juklak tersebut akan dibuat oleh Forkopimda dalam hal ini TNI, Polri di daerah ini, dan juga Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak. Dari Juklak itu akan dibahas dan diputuskan bersama dalam penerapan  New Normal.

“Kebijakan untuk penerapan New Normal akan kita melihat juklak, yang akan dibuat, memang tadi dalam rapat ada juklak-juklak yang bersifat insidensial, penerapannya tidak jauh dari keadaan kemarin,”kata Bupati kepada wartawan usai rapat.

Menurut Bupati, penerapan New Normal merujuk atau melihat pada aktivitas masyarakat seperti pasar, tempat hiburan, maupun tempat berkumpul banyak orang seperti rumah ibadah, namun tetap menggunakan standar protokol Covid-19 secara nasional.

“Misalkan rumah ibadah, nah, rumah ibadah ini akan kita rapat bersama dengan FKUB dan tokoh-tokoh agama terkait strategi apa saja yang kita lakukan jika penerapan New Normal,”ujar Bupati.

Sementara, lanjut Bupati untuk transportasi dan pendidikan akan mengikuti juklak dari Pusat, baik dari Kementrian Perhubungan maupun Pendidikan yang akan diberlakukan secara nasional.

“Jadi pada prinsipnya kita tunggu juklak yang disusun dari Pusat untuk diterapkan secara nasional, sehingga kita tidak salah melangkah, namun terima kasih skali kepada pemerintah pusat karena masih memberikan ruang kepada daerah untuk melakukan kebijakan dalam penanganan Covid-19,”ujar Bupati.

Bupati menambahkan, “Tanggap Darurat” untuk Kabupaten Fakfak berakhir 12 Juni 2020, sedangkan untuk Provinsi Papua Barat 14 Juni 2020, kebijakan selanjutnya dari Provinsi, akan disesuaikan.

“Untuk aparatur sipil negara dan sebagainya, sekolah dan sebagainya sudah ada edaran dari gubernur diperpanjang sampai tanggal 19 Juni 2020,”jelas Bupati Uswanas.

Senada juga disampaikan Sekda Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.Tp bahwa, penerapan New Normal ini betujuan untuk kepastian masyarakat beraktivitas, namun tetap mengacu pada protokoler Covid-19, diantaranya jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, dan selalu pakai masker.

“Jadi masyarakat beraktifitas seperti apa, mau sekolah seperti apa, mau pergi ibadah seperti apa, mau melakukan perjalanan seperti apa, mau melakukan aktifitas ekonomi seperti apa, semuanya akan disusun dalam SOP, yang akan menjadi pedoman sesuai kondisi daerah kita,”ujar Sekda.

Dari SOP yang akan disusun itu, lanjut Sekda akan disimulasikan, dan disepakati bersama untuk diterapkan, namun sebelum diterapkannya (New Normal,red) akan disampaikan kepada masyarakat.

“Penerapan New Normal akan kita disampaikan melalui publikasi keliling menggunakan kendaraan Humas Pemda Kabupaten Fakfak, Media maupun Spanduk yang akan dipasang pada tempat-tempat yang dibaca dan diketahui masyarakat,”tandasnya. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close