Metro Fakfak

Besok 50 Warga Fakfak Tiba Tumpangi KMP. Kalabia, Bupati : Terapkan Protokol Kesehatan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sebanyak 50 warga Fakfak tumpangi KMP. Kalabia akan tiba dari Sorong, Kamis 11 Juni 2020. Demikian disampaikan Bupati Fakfak kepada awak media dikediamannya, Rabu (10/6/2020) sore tadi.

“Mereka datang bukan atas permintaan pemerintah dan tim gugus tugas covid-19 melainkan atas inisiatif mereka sendiri,”kata Bupati usai pertemuan dengan Forkopimda.

Kedatangan 50 warga Fakfak ini, lanjut Bupati, akan dilakukan penjemputan oleh Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Fakfak sesuai protokol kesehatan.

“Tim Gugus Covid-19 akan menjemput mereka sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan akan dibawah untuk dikarantina khusus,”ujarnya.

Bupati merasa kaget ketika mendapat surat dari Sorong setelah melakukan kunjungan kerja di kampung Wamosan dan Otoweri Kabupaten Fakfak.

“Setelah mendapat surat itu tadi malam, hari ini saya bersama teman-teman Forkominda menggelar rapat untuk membahas hal ini, ya mau tak mau mereka terima mereka, karena mereka adalah warga kita Fakfak,”jelasnya.

Meskipun kemauan mereka yang jumlahnya lebih dari seratus warga Fakfak terjebak Corona di Sorong selama ini, kata Bupati masuk Fakfak menggunakan kapal laut harus tetap bertahap, mengingat fasilitas karantina terbatas dan juga tenaga dokter penyakit dalam hanya satu orang.

“Jadi bukan saja warga kita dari Sorong, tetapi kabarnya ada yang datang dari Jayapura dan Kaimana, nah, seperti ini kita harus benar-benar waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,”kata Bupati.

Bupati menambahkan, mesikpun 50 orang itu informasinya telah melakukan rapied tes di Sorong, namun Bupati tegaskan semuanya tiba di Fakfak akan dilakukan Rapid Test untuk mendeteksi kondisi mereka terhadap virus Corona.

Rapid testĀ adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

“Setelah tiba mereka akan dilakukan rapid tes juga oleh tim medis gugus tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak untuk memastikan kondisi mereka selama di Sorong terhadap virus Corona,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close