Metro Fakfak

BPS Kabupaten Fakfak Siap Mengupdate Data Podes

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat akan melaksanakan pendataan Updating Potensi Desa (Podes) tahun 2020.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak, Cahyo Kristiono, S.ST, M.Stat mengatakan, pelaksanaan pendataan updating Podes dijadwalkan pertengahan bulan Juni hingga Juli 2020 mendatang.

“Pendataan dilakukan dengan cara wawancara baik melalui sambungan telepon maupun langsung bertatap muka dengan narasumber, yaitu lurah/kepala Kampung dan narasumber terkait lainnya,”kata Cahyo Kristiono usai mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Satker BPS Kabupaten Fakfak, Kamis (11/6/2020) lalu.

Adapun data yang diperoleh, sebut Cahyo meliputi sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah di tingkat nasional dan daerah demi pembangunan atau kemajuan desa

“Data yang dihasilkan akan dipakai oleh kementerian dan lembaga terkait untuk berbagai kebijakan pembangunan wilayah,”ujar Cahyo.

Menurutnya, pendataan updating Podes merupakan kegiatan prioritas nasional dengan tujuan menyediakan data tentang perkembangan potensi yang dimiliki kampung atau kelurahan.

“Karena pendataan ini di suasana pandemi Covid-19, maka kami sudah koordinasi dengan pemerintah daerah dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan saya selaku pimpinan sudah menginstruksikan semua petugas BPS untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.‚ÄĚkata Cahyo.

Adanya koordinasi, lanjut Cahyo, Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak sangat mendukung dengan menerbitkan Surat Edaran Bupati No. 410/1194/ BUP/ 2020 tentang Dukungan Pelaksanaan Kegiatan Pendataan Potensi Desa Tahun 2020.

“Dalam surat edaran tersebut, Bupati Fakfak menginstruksikan kepada seluruh Lurah, Kepala Kampung dan narasumber terkait lainnya untuk mendukung dan membantu kegiatan yang dimaksud dengan menerima kedatangan petugas pendataan dan memberikan jawaban yang benar kepada petugas BPS,”jelas Cahyo. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close