Metro Fakfak

Dua Lampu Suar Navigasi Hilang Dicuri Orang, Samanhudin : Sangat Membahayakan Kapal

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sarana bantu navigasi pelayaran berfungsi penting untuk memberikan panduan selama pelayaran serta meningkatkan keselamatan dan efiesiensi kenavigasian kapal dan lalu lintas pelayaran.

Namun, sayangnya sarana Navigasi tersebut dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab, yang sangat berdampak buruk bagi keselamatan pelayaran.

“Ada dua lampu Suar hilang dicuri orang yang tidak bertanggungjawab, yaitu lampu Suar di Pilau Batu Putih dan Pulau Pisang , nah ini yang sangat membahayakan kapal saat berlayar,”ujar Kepala Stasion Radio Pantai Fakfak Distrik Navigasi Kelas I Sorong, Samanhudin Iha, Kamis (18/6/2020).

Dikatakannya, dua lampu suar hilang diketahui setelah para nelayan dan kapal yang berlayar dilaut melaporkan kepada Stasion Radio Pantai Fakfak.

“Setelah saya kesana dan ceka ternyata benar lampu yang hilang, terhadap kejadian ini saya sudah laporkan kepada Kantor Navigasi Sorong untuk nantinya memasang kembali,”kata Samanhudin.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pengrusakan atau mengambil Alat Sarana Bantu Navigasi Pelayaran karena dapat menyebabkan terjadinya keceakaan kapal.

“Saya berharap kepada masyarakat termasuk para nekayan apabila melihat Sarana Blantu Navipasi Pelayaran yang tidak berfungsi/rusak agar segera melapor ke Kantor Stasiun Radio Pantai Pakfak atau juga dapat melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Fakfak untuk dapat ditindaklanjuti,”pintanya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close