Politik

Sektor Ekonomi Boleh Dikuasi oleh Non Papua, Tapi Jabatan Politik Hak Kesulungan OAP

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pengamat kebijakan publik Jerry Maryen mengatakan, sudah saatnya Orang Asli Papua (OAP) mendapat hak kesulungan jabatan Politik di Tanah Papua untuk menjadi “Tuan di Negerinya Sendiri” bukan lagi dikuasai oleh orang Non Papua.

“Cukup sektor ekonomi dan kewiraausahaan dikuasai oleh saudara-saudara kita non Papua, tetapi dibidang Politik berikanlah kesempatan kepada kami putra-putri asli Papua,”ujar Jerry Maryen kepada media ini, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, meski dalam UU Otsus hanya menegaskan Gubernur dan Wakil Gubernur, namun perlu kesadaran berbagai pihak dalam Pilkada kabupaten/kota memberikan kesempatan kepada OAP.

“Kami orang Papua sudah membuka diri untuk semua saudara-saudara kita dari luar bisa hidup berdampingan di tanah Papua, bahkan jabatan-jabatan strategis di pemerintahanpun diambil, tapi tolong jabatan Politik diberikan kepada orang asli Papua,”pintanya.

Dia meminta tegas kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), juga DPR Papua dan Papua Barat agar tidak saja duduk manis di kursi empuk menikmati uang rakyat.

“Tolong memperjuangkan hak-hak Orang Asli Papua, hak-hak jabatan Politik diperjuangkan ke Pemerintah Pusat, jika Perdasus ditolak atau belum diterima oleh Pemerintah Pusat, apa alasannya, apa kekurangannya, itu yang diperbaiki kemudian diajukan kembali, bukan tinggal diam begitu, peran dan fungsi kalian semua dimana,”tegasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close