Metro FakfakUncategorized

Cuaca Buruk, Nelayan Dihimbau Berhati-Hati Melaut

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kepala Stasion Radio Pantai (SROP) Fakfak Distrik Navigasi Kelas I Sorong, Samanhudin Iha mengingatkan para nelayan di Fakfak harus berhati-hati melaut karena cuaca buruk.

Seruan itu disampaikannya setelah berkomunikasi via Radio VHF CH.16 antara Kapal MT Manggala dan Kapal Nelayan Telur pada koordinat 03’13 S – 132’20 E dan kondisi cuaca dilaut kurang baik tinggi gelombang mencapai 2,50 m – 3,0 m serta kecepatan angin 30 – 40 Knot.

“Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan kapal dilaut,maka bersama ini kami mohon kepada Pos TNI AL Fakfak, Sat Polair untuk dapat koordinasi dengan pemilik kapal telur ikan serta Nakhoda memberikan pemahaman tentang keamanan dan keselamatan di laut sehingga tidak terjadi haa hal yang kita inginkan bersama khusus bagi kapal yang masuk di Fakfak,”ujar Udin sapaan akrabnya kepada nedia ini via WhatsApp, Minggu (5/7/2020).

Dia juga menghimbau seluruh operator kapal khususnya nakhoda, sekurang-kurangnya enam jam sebelum kapal berlayar dan melaporkan hasilnya kepada Syahbandar pada saat mengajukan permohonan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

‚ÄúSelama pelayaran di laut, nakhoda wajib melakukan pemantauan kondisi cuaca setiap enam jam dan melaporkan hasilnya kepada SROP terdekat,”pintanya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close