Metro Fakfak

Hadapi New Normal, Pelni Fakfak Kembali Jual Tiket Penumpang, Ini Syaratnya.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sempat menutup layanan sementara untuk mencegah penularan Virus Corona atau Covid-19, PT. Pelni (Persero) kembali membuka penjualan tiket penumpang, namun calon penumpang wajib patuhi persyaratan Covid-19 jika berpergian.

Kepala PT. Pelni (Persero) Cabang Fakfak Imam Trisakti mengatakan selain mengikuti kebijakan pemerintah pusat menjelang New Normal, pihaknya juga menyesuaikan persyaratan yang dibuat oleh Gugus Tugas (Gustu) Covid -19 Kabupaten Fakfak.

“Jadi pada prinsipnya kita menjual tiket penumpang menyesuaikan kebijakan daerah yaitu Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Fakfak,”kata Imam Trisakti ditemui di kantor PT. Pelni (Persero) Cabang Fakfak sementara di Jln Brawijaya Fakfak Utara, Senin (6/7/2020).

Dikatakannya, untuk calon penumpang yang masuk ke Kabupaten Fakfak menggunakan Kapal Pelni, khusus berpenduduk Fakfak dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

“Jadi masyarakat atau calon penumpang yang hendak datang ke Fakfak gunakan sarana angkutan kapal Peni, dia adalah benar-benar penduduk Fakfak dibuktikan KTP, dengan mengikuti persyaratan kesehatan Covid-19,”ujarnya

Sementara penjualan tiket hanya dibatasi 50 persen dari kapasitas kapal. Dengan begitu, para penumpang di atas kapal bisa menjaga jarak atau physical distancing.

“Jadi misalnya kapasitas penumpang 2000, kita hanya menjual tiket 50 persen sehingga hanya 1000 penumpang, hal ini kita lakukan supaya para penumpang di atas kapal bisa menjaga jarak,”jelasnya.

Berikut persyaratan naik kapal laut (PT. Pelni) hadapi new normal dikutip dari Gustu Covid -19 Kabupaten Fakfak.

1. Melampirkan fotocopy Surat Perintah Tugas yang ditandatangani oleh menimal pejabat setingkat Eselin II, Direksi atau Kepala Kantor.

2. Melampirkan fotocopy Identitas Diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah).

3. Melampirkan fotocopy surat hasil (PCR) test/Rapid Test Negatif Covid-19 dari instansi kesehatan/Rumah Sakit/Puakesmas/Klinik Kesehatan Kabupaten Fakfak maksimal 1 hari sebelum keberangkatan.

4. Melampirkan fotocopt surat jalan/rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Fakfak.

5. Melampirkan fotocopy surat permintaan/penerimaan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah tujuan.

6. Bagi calon penumpang yang melakukan perjalanan ke wilayah DKI Jakarta wajim memiliki SIKM.

KETERANGAN :

1. Cara memperoleh SIKM secara online dapat diakses melalui https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta dengan melengkapi persyaratan yang disebutkan di wesite tesebut.
2. Untuk melaporkan perjalanan/membuat persyaratan silahkan menghubungi Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Fakfakb email : bagtu.setdaff@gmail.com. Alamat Jln Jenderal Sudirman, Wagom Utara.
3. Nama-nama yang tertera didalam tiket kapal penumpang wajib sesuai dengan identitas diri dan persyaratan yang diberikan.
4. Wajib menggunakan Masker berlaku selama Pandemi Covid-19.

TAMBAHAN :
1. Calon penunpang wajib Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card/ e-HAC) sebelum berangkat. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui aplikasi e-HAC Indonesia (Android) atau http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac atau bentuk lain (cetak) yang disediakan oleh petugas.
2. Mengunduh (download) dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel guna mengetahui Zona Covid-19 (apakah anda berada di zona merah, kuning atau hijau)

[monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close