Kesehatan

Penumpang Tiba di Bandara dan Pelabuhan Fakfak Langsung di Rapid Test

FAKFAK, kabarfakfak.com – Menuju New Normal, Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kabupaten Fakfak mulai memberlakukan Rapid Test langsung bagi penumpang yang telah tiba atau turun di Pelabuhan Fakfak menggunakan Kapal Laut dan di Bandara menggunakan Pesawat.

“Jika hasil Rapid Test Non Reaktif maka penumpang tidak lagi dikarantina khusus, namun dipulangkan ke rumah masing-masing untuk dikarantina mandiri diawasi oleh Gugus Tugas Covid-19 Distrik,”kata Juru Bicara Gustu Covid-19 Kabupaten Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp. PD via telepon seluler, Senin (6/7/2020).

Dia misalkan, hasil Rapid Test di Pelabuhan dan Bandara dinyatakan satu orang reaktif maka semua penumpang dibawa ke Karantina Khsusus di Diklat Pemda Fakfak untuk satu orang itu dilakukan Test Swab.

“Apabila satu orang itu hasil Test Swabnya Negatif maka semuanya dipulangkan ke rumah masing-masing untuk dikarantina mandiri, dan diawasi oleh Gugus Tugas Covid-19 Distrik sampain 10 hari dilakukan Rapid Test ulang di Puskesmas untuk memastikan kondisi kesehatan mereka,”jelasnya.

Pemberlakuan Rapid Test ditempat, sambung dr. Subhan, sudah dilakukan di Bandara Torea Fakfak sabtu pekan lalu setelah pesawat tiba membawa penumpang.

“Dari hasil rapid testnya semua penumpang non reaktif dan dipulangkan ke rumah mereka masing-masing, nah itulah pemberlakukan penanganan Covid-19 di Kabupaten Fanfak menuju New Normal atau normal baru,”ujarnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close