KesehatanUncategorized

Satu Penumpang KMP. Kalabia dari Wahai Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Kalabia dari Pelabuhan Wahai Maluku sandar di Pelabuhan Fakfak Papua Barat, Rabu (8/7/2020) dinihari pukul 01.30 WIT.

Sebanyak 16 orang penumpang turun di pelabuhan Fakfak langusng dilakukan Rapid Test oleh Tim Kesehatan Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kabupaten Fakfak.

“Dari hasil rapid test itu, satu orang reaktif, sehingga seluruh penumpang 16 orang dibawah ke Diklat Pemda Fakfak untuk jalani karantina khusus,”ujar Juru Bicara Gustu Covid-19 Kabupaten Fakfak dr. Subhan Ruoming, Sp. PD via telepon seluler siang tadi.

Direktur RSUD Kabupaten Fakfak ini mengatakan bahwa, seharusnya tim kesehatan Gustu Covid-19 melakukan test Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap satu orang penumpang reaktif, namun Cartridge untuk mesin Test Cepat Molekul (TCM) telah habis.

“Kita sedang menunggu Cartridge TCM dari Sorong yang merupakan bantuan dari Kemenkes, informasihnya sudah ada di Sorong, dan selanjutnya pengiriman ke Fakfak,”kata dr. Subhan.

Dikatakannya, setelah Cartridge TCM tiba, akan dilakukan Swab PCR terhadap satu orang reaktif, dan jika hasilnya negative, maka 16 orang dipulangkan ke rumah masing-masing.

“Selama belum ada Cartridge TCM, mereka tetap menjalani karantina terpusat di Diklat,”jelasnya menambahkan satu orang reaktif, kondisinya sehat dan dipisahkan kamarnya dengan penumpang yang lain. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close