Politik

Bawaslu Kabupaten Fakfak Panggil 5 ASN

Ketua Bawaslu Kabupaten Fachry Tukuwain (tengah) didampingi dua Komisioner Abdul Tanggi Irirwanas (kanan), Yanpith Kambu (kiri), dan Kordinator Sekretaris Bawaslu Fakfak, Sitti Hadidja Iha (kiri)/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Fakfak memanggil 5 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak untuk diklarifikasi karena diduga kuat melanggar asas netralitas.

Demikian disampaikan Ketua Bwaslu Kabupaten Fakfak Fachry Tukuwain dalam press realesenya kepada awak media di ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Fakfak, Kamis (9/7/2020) pukul 17.30 WIT.

“Lima orang ASN itu adalah Charles Kambu, Yohana Dina Hindom, Untung Tamsil, Ibrahim Fatamsya dan Samaun Dahlan,”ujar Ketua Bawaslu Fachry Tukuwain didampingi dua Komisioner Abdul Tanggi Irirwanas, Yanpith Kambu, dan Kordinator Sekretaris Bawaslu Fakfak, Sitti Hadidja Iha.

Dikatakannya, dari hasil klarfikasi lima ASN, dua orang Bakal Calon (Bacalon) Potensial Bupati dan Wakil Bupati memiliki SK Pensiun dan SK Pemberhentian sebagai ASN, sehingga tidak dapat ditindaklanjuti.

“Sedangkan tiga orang ASN lainnya tetap ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan. Untuk jenis sanksi dan pelanggarannya, nanti Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN akan melakukan penindakan, Bawaslu hanya merekomendasikan,”ujarnya.

Hal itu menurutnya diatur dalam pasal 3 Perbawaslu Nomor 6 tahun 2018 tentang Pengawasan Netaralitas ASN,TNI, dan POLRI, Perbawaslu 14 tahun 2017 tentang Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah.

“Selain itu tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Badan Pengawas Pemilhan Umum dan Komsi Aparatur Sipil Negara Nomor:0155/K.BAWASLU/HM/02.00/VI/2020 dan Nomor:4/KSNS/6/2020,”jelasnya.[monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close