Metro Fakfak

dr. Subhan : Kepala Distrik dan Kampung Garda Terdepan Penanganan Covid-19

FAKFAK, kabarfakfak.com – Juru Bicara Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kabupaten Fakfak dr. Subhan Rumoning, Sp. PD mengatakan bahwa, Kepala Distrik dan Kepala Kampung adalah Garda Terdepan penanganan Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Fakfak Papua Barat.

“Selama ini kita dengar bahwa Garda Terdepan penanganan Covid-19 adalah Medis, sekarang kita akan geser bahwa garda terdepan penanganan Covid-19 saat ini ada di tangan bapak-bapak, ibu-ibu Kepala Distrik dan Kepala Kampung yang ada disini,”ujar dr. Subhan saat acara tatap muka Bupati bersama para Kepala Distrik dan Kampung di gedung KONI Kabupaten Fakfak, Kamis (9/7/2020).

Menurut dr. Subhan, kedepan tidak ada lagi karantina Khusus, tetapi akan dilakukan Karantina Mandiri di rumah, sudah tentu menjadi tanggungjawan Kepala Distrik dan Kepala Kampung menjadi Garda Terdepan Mengawasi Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang dikarantina mandiri.

“Misalnya Kapal Kalabia atau Pesawat masuk membawa penumpang kemudian kita lakukan Rapid Test ditempat, dan hasilnya non reaktif maka akan kita pulangkan ke rumah masing-masing untuk jalani karantinda mandiri, nah itu sudah menjadi tanggungjawab bapak, ibu kepala distrik dan kepala kampung,”kata Subhan.

Karantina mandiri, lanjut Subhan, dilakukan selama 10 hari dan akan kembali melakukan Rapid Test ulang di Puskesmas dimana ODP itu berada.

“Tujuannya rapid tes ulang itu adalah untuk memastikan kondisi kesehatannya, jika tetap non reaktif maka sudah bisa bebas melaksanakan aktivitas seperti biasa, namun jika reaktif maka akan dilakukan penanganan media sesuai protokol kesehatan Covid-19,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close