Politik

Ketua KPU Fakfak Kukuhkan 253 PPDP Langsung Bimtek

Suasana PPDP mengikuti Bimtek pemutakhiran data Pemilih Pemilukada 2020/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Untuk memastikan Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih tersusun dengan baik, KPU Kabupaten Fakfak melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 253 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Bimtek digelar setelah Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP memgukuhkan PPDP di Ruang Rapat KPU Kabupaten Fakfak, Senin (13/7/2020) pagi tadi.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak mengatakan, PPDP akan mengunjungi rumah setiap pemilih dari tanggal 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020 mendatang untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Petugas akan mencoklit data Pemilih berdasarkan Kartu Tanda Pengenal Elektonik (KTP-El) atau Kartu Keluarga (KK) dimana pemilih itu berdomisili agar terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada serentak 2020,”ujar Dekry sapaan akrabnya kepada media ini usai pengukuhan.

Dekry berharap PPDP mencoklit data pemilih dengan mendatangi pemilih dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Mereka memakai masker dan Face Shield atau Pelindung Wajah, serta membawa hand sanitizer dan vitamin menambah daya tahan tubuh saat berada di lapangan,”ujarnya.

Divisi Perencanaan Data dan Informasih KPU Kabupaten Fakfak Abdon Retraubun, SE menambahan bahwa dalam pelaksanaan pemutakhiran data dibagi 3 tahap.

“Tahap persiapan, tahap pelaksanakan dan tahap pelaporan,”ujar Abdon Retraubun kepada media ini usai Bimtek.

Disebutkannya, tahapan persiapan yang telah dimulai dari perekrutan sampai dengan Bimtek, sedangkan tahapan pelaksanaan dibagi dalam dua tahap.

“Tahap pelaksanaan yaitu tanggal 15 Juli itu akan dilaksanakan coklik serentak memberikan kesempatan kepada masyarakat mengunjungi website KPU RI untuk memastikan status sebagai pemilih,”kata Abdon.

Dijelaskannya, coklit secara manual yang dilaksnakan secara serentak tanggal 18 Juli 2020 dengan cara menadatangi rumah untuk dilakukan coklik data pemilih.

“Jadi teknisnya adalah tanggaln18 Juli 2020, kami akan mulai dari pak bupati, pak wakil bupati dan pak sekda, juga ketua DPRD,”ujar Abdon.

Sementara tahap pelaporan, lanjut Abdon akan dimulai 28 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020, dimana PPDP menyerahkan data ke PPS untuk di input.

“Dokumen yang akan dibutuhkan di lapangan adalah selain KTP-Elektronik, Surat Keterangan dari Dukcapil bagi mereka yang sudah perekeman tapi belum memperoleh KTP-Elektronik,”jelasnya.

Dia juga menjelaskan, petugas akan mencentang data pemilih bila cocok pada kolom keterangan pada formulir Model A-KWK.

“Memperbaiki data pemilih bila tidak cocok pada formulir Model A-KWK, Mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat pada formulir Model A-KWK,”jelasnya.

Lanjut dia, untuk mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat tetapi belum terdaftar pada formulir Model A.A-KWK, Juga petugas akan memberikan tanda bukti pendaftaran pada formulir Model A.A.1-KWK.

“Mengisi dan menempel stiker formulir Model A.A.2-KWK per KK di bagian depan rumah Pemilih,”pungkasnya.

Mengingat suasana Pandemi Covid-19, maka Bimtek yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Fakfak dilaksanakan selama 3 hari, mulai 13 Juli hingga 15 Juli 2020.

Sesuai data yang diperolah media ini, Bimntek 13 Juli 2020 terbagi dua sesion yakni, sesion pertama pagi tadi diawali dari Distrik yang jauh.yakni, Distrik Karas, Bomberay, Tomage, Mbahamndandara, Fakfak Timur Tengah. Bimtek sesion kedua di hari yang sama yakni, Distrik Kokas, Teluk Patipi, Arguni dan Distri Kayauni.

Bimtek 14 Juli 2020, sesion pertama Distrik Pariwari, dan sesion kedua Distrik Fakfak Tengah. Bimtek 15 Juli 2020 sesion pertama Distrik Fakfak, sesion kedua Distrik Wartutin, Fakfak Barat, Fakfak Timur, Kramomongga dan Distrik Furwagi.

Pantauan media ini, setiap sesion Bimtek PPDP diakhiri dengan Rapid Test Covid-19 bagi PPD. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close