Politik

Bawaslu Fakfak Gelar Bimtek Pengawasan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Fakfak memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Panitia Pengawas Distrik di ruang rapat Bawaslu Fakfak, Selasa (14/7/2020).

Bimtek ini berkaitan dengan pengawasan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada Kabupaten Fakfak, yang di mulai secara serentak 18 Juli 2020 oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Kegiatan yang digelar sehari ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak Fachry Tukuwain dihadiri Koodinator Divisi SDM, Organisasi Data dan Informasih Bawaslu Kabupaten Fakfak, Yanpith Kambu, S.AP dan Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si .

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Fachry Tukuwain mengharapkan kepada Panwaslu Distrik untuk benar-benar memahami materi yang disampaikan, sehingga tidak keliru dalam pengawasan.

“Tugas kita sebagai pengawas di lapangan adalah melakukan pengawasan melekat pada saat pencoklitan pemutakhiran data pemilu sesuai mekanisme prosedur tata cara pelaksanaannya,”ujarnya.

Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si mengingatkan Pengawas Distrik agar tetap konsisten dan komitmen dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Saya minta agar teman-teman memperhatikan potensi-potensi pelanggaran yang terjadi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 pasal 177A terkait pemalsuan data dan daftar pemilih, pasal 177B terkait verofikasi dan rekapituasli terhadap data, dandaftar pemilih,”ujarnya.

Sementara Koodinator Divisi SDM, Organisasi Data dan Informasih Bawaslu Kabupaten Fakfak, Yanpith Kambu, S.AP mengatakan, dalam Bimtek ini akan dilakukan simulasi alat kerja seperti melakukan prekapan serta menindaklanjuti hasil pengawasan.

“Alat Kerja Pengawas itu menjadi pegangan dalam melakukan pengawasan,”ungkapnya.

Yanpith mengingatkan kepada Panwaslu ditingkat Distrik, Desa dan Kelurahan untuk memastikan bahwa PPDP mendatangi langsung rumah pemilih sehingga semua masyarakat telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih.

“Hal ini penting untuk menjamin kredibilitas daftar pemilih dan menjamin kualitas pemilihan, sebab daftar pemilih yang kredibel menjadi salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan pemilihan yang demokratis,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close