Politik

18 Juli, 253 PPDP KPU Fakfak Door to Door Coklit Data Pemilih Pilkada 2020

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak menyatakan siap melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada Kabupaten Fakfak Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak melalui Divisi Perencanaan Data dan Informasih Abdon Retraubun, SE mengatakan, coklit pemutakhiran data pemilih secara serentak dilaksanakan 18 Juli 2020 oleh 253 Petugas Pemutakhiran Data PemiliH (PPDP) Door to Door atau dari rumah ke rumah penduduk.

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat KPU RI Nomor 552/TL.02.1 SD/01/KPU/VII/2020 perihal Pemberitahuan Kegiatan Klik dan Coklit Serentak,”kata Abdon Retraubun ditemui diruang kerjanya, Kamis (16/7/2020) pagi tadi.

Dikatakanya, coklik serentak akan dimulai dari Pejabat daerah di Kabupaten Fakfak yakni, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD.

“Sesuai hasil rapat internal komisione KPU tadi pagi, coklik serentak akan kita diawali apel kesiapan di masing-masing Distrik pada tanggal 18 Juli 2020 pagi. Hal ini dilakukan mengingat kita berada pada situasi pandemi Covid-19,”ujarnya.

Disebutkannya, Komsioner KPU Fakfak akan dibagi pada saat pencoklitan serentak, ada Komsioner didampingi PPDP ke Distrik Fakfak untuk melakukan coklit di kediaman Bupati.

“Sama halnya juga, ada Komsioner didamping PPDP melakukan pencoklitan Distrik Pariwari untuk Pak Sekda dan Ibu Ketua DPRD, juga ada yang ke Distrik Fakfak Tengah melakukan coklit untuk Wakil Ketua DPRD,”jelasnya.

PPDP lanjut Abdon, dalam melaksanakan coklit tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Mereka memakai masker dan Face Shield atau Pelindung Wajah, serta membawa hand sanitizer dan vitamin menambah daya tahan tubuh saat berada di lapangan,”ujarnya.

Dijelaskannya, PPDP melakukan kunjungan ke rumah-rumah atau door to door penduduk dari tanggal 18 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020.

“Dokumen yang dibutuhkan di lapangan adalah selain KTP-Elektronik, Surat Keterangan dari Dukcapil bagi mereka yang sudah perekeman tapi belum memperoleh KTP-Elektronik,”jelasnya.

Dia juga menjelaskan, petugas akan mencentang data pemilih bila cocok pada kolom keterangan pada formulir Model A-KWK.

“Memperbaiki data pemilih bila tidak cocok pada formulir Model A-KWK, Mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat pada formulir Model A-KWK,”jelasnya.

Lanjut dia, untuk mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat tetapi belum terdaftar pada formulir Model A.A-KWK, Juga petugas akan memberikan tanda bukti pendaftaran pada formulir Model A.A.1-KWK.

“Mengisi dan menempel stiker formulir Model A.A.2-KWK per KK di bagian depan rumah Pemilih,”jelasnya menambahkan 253 PPDP akan melakukan pencoklitan 57.036 data pemilih yang tesebar di wilayah Kabupaten Fakfak. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close