Politik

Iskandar Tassa : Data Pemilih Berkualitas Mampuh Meningkatkan Kualitas Demokrasi

FAKFAK, kabarfakfak.com – Panwaslu Distrik diminta benar-benar malaksanakan pengawasan terhadap Pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih pada Pilkada 2020.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Iskandar Tassa, A.Md.T di kediamannya usai dilakukan coklit pemutakhiran data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Sabtu (18/7/2020).

“Kalau mengolah data dari data orang lain ya saya pikir agak sulit, tinggal mengiyakan-mengiyakan saja, sehingga tidak mengjhasilkan pemilu yang berkualitas,”kata Iskandar sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan adanya daftar pemilih berkualitas akan mampu meningkatkan kualitas demokrasi dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai undang-undang untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dari beberapa pengalaman pemilu, akurasi data pemilih yang tertuang dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT belum mampu mengakomodasi seluruh pemilih sehingga diperlukan pengawasan yang ketat dalam proses pemutakhiran data pemilih,”ujarnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close