Politik

Meski Diwarnai Aksi Protes, KPU Fakfak Selesaikan Pleno Rekapitulasi Dukungan Perseorangan, Ini Hasilnya

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak akhirnya mengesahkan hasil verifikasi faktual (verfak) dukungan perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Fakfak tahun 2020, di ruang rapat KPU kabupaten Fakfak, Selasa (21/7/2020).

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, S.P mengesahkan hasil Verfak dukungan perseorangan setelah satu persatu Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di 17 Distrik diwilayah Kabupaten Fakfak membacakan hasil rekapitulasi tersebut.

“Setelah dibacakan hasil rekapitulasi dukungan perseorangan oleh teman-teman Ketua PPD dari 17 Distrik, sehingga kita telah sama-sama mendapatkan hasil, maka saya bacakan dan saya sahkan,”ujar Dekry Radjaloa.

Sebelum membacaakan hasil verfak, Bawaslu Kabupaten Fakfak diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap hasil verfak yang dibacakan oleh PPD, namun tidak ada masukan, sehingga Ketua KPU membacakan dan mengesahkannya.

Pantauan media ini, pleno terbuka rekapitulasi dukungan perseorangan berlangsung aksi protes oleh tiga bakal pasangan calon (bapaslon) yakni, Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom (UTAYOH), Donatus Nimbitkendik – Mustaghfirin (DOAMU) dan Abdul Rahim Fatamasya – Jeferson Jimi Liunsanda (RAJA).

Aksi protes itu meminta KPU menghentikan rapat pleno tersebut dan membicarakan terkait tambahan waktu verifikasi faktual dukungan perseorangan, karena sebagian besar sudukungan tiga bapaslon tersebut belum terverfak.

Donatus Nimbitkendik bakal colon Bupati jalur perseorangan berkeinginan keras menuntut agar pihak kemanan tidak halanginya masuk ke dalam rapat pleno untuk menyampaikan tuntutan, namun penjagaan ketat oleh aparat Kepolisian Resort Fakfak didepan pintu utama masuk dalam pleno tersebut.

Negosiasi dengan aparat Kepolisian pun untuk masuk ke dalam rapat pleno tidak berhasil, akhirnya massa dari tiga bapaslon perseorangan meninggalkan Kantor KPU Kabupaten Fakfak setelah memberikan keterangan pers.

Rapat pleno tetap berlangsung hingga selesai pukul 15.22 WIT setelah membacakan hasil-hasil Rekapitulasi dukungan oleh Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Hasanudin Rettob, S.Pdi yang dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan diserahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Fakfak kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Berikut rekapiutulasi dukungan Bapaslon Perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabuapaten Fakfak tahun 2020 : 

[monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close